Abdi Desa Hari I: Sinergisitas Dosen dan Mahasiswa untuk Mengabdi kepada Masyarakat Dusun Mendek Timur Desa Srigading Kecamatan Lawang Kabupaten Malang

Pada hari Kamis, 26 Juli 2018, telah mulai dilaksanakan kegiatan Abdi Desa sebagai wujud nyata pengabdian masyarakat Program Vokasi Universitas Brawijaya kepada masyarakat di Dusun Mendek Timur, Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa BEM Vokasi yang didukung oleh dosen-dosen Program Vokasi Universitas Brawijaya sebagai pemateri kegiatan. Target peserta pengabdian masyarakat adalah ibu-ibu rumah tangga.

 Pada hari pertama ini, sebanyak empat dosen tergabung dalam tim memberikan pelatihan bertopik “Peningkatan Nilai Jual Jagung melalui Pengolahan dan Pengemasan Makanan Olahan Jagung”. Topik tersebut diambil memandang potensi daerah banyak menanam jagung. Namun demikian, selain diproduksi dalam bentuk gerit, dadar jagung, goreng jagung, ibu-ibu rumah tangga tidak mengetahui bahwa jagung dapat diolah menjadi makanan lain yang sekaligus juga dapat meningkatkan nilai jual, seperti diolah menjadi donat jagung.

Kegiatan pengabdian masyarakat dimulai dengan demonstrasi pembuatan donat jagung. Sambil menunggu donat mengembang dan digoreng ibu-ibu rumah tangga diberikan pengetahuan berupa perencanaan harga jual donat jagung yang didasarkan dari bahan-bahan pokok pembuatan donat jagung, ongkos tenaga kerja, dan keuntungan yang ingin diperoleh. Antusiasme ibu-ibu rumah tangga terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Blog Attachment

Leave us a Comment