Dalam Rangka Penerapan Real Life Skill Laboratory, Program Vokasi Melaksanakan Studi Banding ke SMA Selamat Pagi Indonesia

Pada hari Jumat, 10 Agustus 2018, telah dilaksanakan kunjungan Studi Banding Program Vokasi ke SMA Selamat Pagi Indonesia di Batu, Jawa Timur. Segenap jajaran Pimpinan seperti Ketua Program, Wakil Ketua Bidang Keuangan, dan Ketua Bidang Keahlian serta perwakilan dosen dan mahasiswa setiap Bidang Keahlian mengikuti kunjungan tersebut. SMA Selamat Pagi Indonesia adalah sekolah gratis untuk anak tidak mampu dan yatim piatu yang berfokus pada pengembangan skill entrepreneur dan life skill.

Kunjungan dibuka dengan show dari Divisi Show dengan judul “Beauty of Indonesia”. Kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Divisi Tour and Travel. Studi banding berlanjut ke area Divisi Hidroponik. Peserta studi banding merasakan sayuran segar yang langung dipetik dari Kebun Hidroponik SMA Selamat Pagi Indonesia dengan cocolan saus salad hasil olahan Divisi Food Production. Peserta kemudian diajak berkeliling ke area Divisi Restoran dan Sales and Marketing yang berfokus pada penjualan merchandise dan makanan olahan siswa SMA Selamat Pagi Indonesia.

Kesimpulan yang dapat diambil dari studi banding tersebut adalah untuk mendirikan laboratorium entrepreneur dan life skill di tingkat universitas, ada 4 hal yang harus dipikirkan, yaitu: (1) menemukan ide fokus penelitian laboratorium yang unik, lain dari yang lain; (2) menemukan orang-orang yang dapat bekerja sama dan mempunyai motivasi sama, yaitu memajukan laboratorium tersebut; (3) mampu bekerja sama dengan laboratorium lain untuk mencapai tujuan; dan (4) membangun jaringan.

Blog Attachment

Leave us a Comment