Mahasiswa Vokasi Bidang Keahlian Pertelevisian dan Film Juarai Lomba Esai Nasional “Journalistic Festival”

Mahasiswa Program Vokasi Universitas Brawijaya Bidang Keahlian Pertelevisian dan Film Angkatan 2016, Rayhan Agung Kurniansyah, berhasil keluar sebagai juara 1 lomba esai nasional “Journalistic Festival”. Perlombaan diadakan oleh Universitas Lampung selama bulan Mei 2018. Acara ini diadakan terkait dengan hari Pers Sedunia yang jatuh pada tanggal 3 Mei 2018.

Rayhan menjelaskan salah satu dari tema penulisan esai adalah “Peranan pers mengawal pemilu demokratis”. Dirasa sesuai dengan Bidang Keahlian yang dipelajari di Vokasi dan atas dasar menyukai kegiatan jurnalistik, Rayhan membaca banyak buku dan mulai menulis esai “Pers yang menjadi Poros Kuat dalam Pemilu Demokratis” untuk diikutkan pada lomba tersebut. Berdasarkan penilaian juri, esai Rayhan dirasa paling mendekati kriteria esai yang diinginkan.

Menurut Rayhan dalam esainya, pers seharusnya sudah dinilai sebagai pilar demokrasi dan bentuk pembangunan demokrasi itu sendiri. Salah satu fungsi pers menurut UU No 40 Tahun 1999 yaitu kontrol sosial, dimana pers harus menjadi poros dalam menjaga stabilitas politik dan menjaga kesatuan dan persatuan NKRI itu sendiri. Pers seharusnya juga menjadi corong gagasan dan idealisme dalam berdemokrasi demi menyambut pemilu yang berdemokratis.

Blog Attachment

Leave us a Comment