logo vokasi

Apa Kata Mereka mengenai Prodi Manajemen Perhotelan ??

Karina Hadiyanti

Prog. Pendidikan Vokasi / Manajemen Perhotelan 2018

Lahir di Banyuwangi,  16 Januari 2000, dan memiliki hobi Singing & Dancing

Manajemen perhotelan bagi Karina Hadiyati adalah jurusan yang menarik dimana kita belajar untuk memahami berbagai macam karakter orang yang akan ditemui di hotel, juga belajar bagaimana menjadi seorang hotelier yang baik dari sisi operasional ataupun manajemennya. Pengalaman kuliah selama  di awal semester  diajarkan tentang basic apa itu pariwisata dan perhotelan sampai dengan bagaimana menjadi hotelier yang baik, karena menjadi seorang hotelier itu gak mudah, butuh kesiapan mental yang cukup baik agar bisa terjun didunia industri pariwisata/perhotelan. 

Banyak sekali ilmu yang bisa ambil di pendidikan ini, seperti belajar berbagai bahasa asing, belajar operasional hotel sepeti FO, HK, F&B sampai dengan manajemen hotel seperti accounting, msdm.  Tidak hanya itu disini kami juga diajarkan tentang psikologi pelayanan dimana itu sangat dibutuhkan ketika saya menghadapi seorang tamu disuatu hotel. 

 Semua mata kuliah yang ada disini itu berkesan dan ada cerita tersendiri semua itu juga ilmu yg diperlukan ketika terjun di dunia industri, tetapi yang paling berkesan adalah ketika saya belajar tentang FO dan psikologi pelayanan dimana di FO saya belajar cara berkomunikasi yang baik kepada tamu dengan gerak tubuh yang baik pula. Dan psikologi pelayanan saya balajar tentang bagaimana memahami karakter orang baik dari tamu ataupun karyawan karena tidak menutup kemungkinan saat terjun di dunia industri akan medapatkan masalah dimana saya harus bisa memecahkannya dengan memahami karakter orang tersebut. 

Pengalaman Magang

Saya pernah magang 3 bulan di Nusa Dua Beach Hotel & Spa dimana hotel tersebut merupakan salah satu hotel berbintang 5 yg berada di kawasan BTDC Bali, saya disana sebagai Marketing Communication. Banyak ilmu yang saya ambil ketika menjadi Marcomm dan kegiatan yang saya lakukan adalah handle semua sosmed hotel seperti ig, facebook, twitter beserta bagaimana menaikkan insight terhadap hotel. Saya juga belajar tentang promosi di hotel melalui online dan offline. 

Yang kedua saya magang selama 5 bulan di Golden Tulip Holland Resort Batu yang merupakan internasional chain hotel berbintang 5 di kota batu.  Saya magang di departemen HRD.  di HRD saya belajar bagaimana memahami karakter karyawan yang berada di hotel, belajar bagaimana untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman untuk semua karyawan, belajar administrasi yang baik terhadap file hotel dan karyawan. Serta belajar handle payroll untuk penggajian karyawan. 

Selama saya magang disini saya telah memberikan versi terbaik dari diri saya hingga akhirnya setelah lulus magang saya langsung direkrut sebagai HR officer di Golden Tulip Holland Resort Batu dan masih berstatus mahasiswi di vokasi. 

Prospek Kerja Dan Pesan Untuk Camaba

 Prospek kerja di jurusan manajemen perhotelan sangat luas. Karena bisa dibilang semua perusahaan memerlukannya karena pada saat di manajemen perhotelan tidak hanya belajar tentang manajemen hotel tetapi hospitality juga dimana itu diperlukan untuk semua perusahaan. Misalnya kita bisa menjadi customer service karena ada background FO atau kita bisa menjadi marketing pada suatu perusahaan, dan masih banyak lainnya. 

Pesan untuk camaba kenapa kalian harus pilih manajemen perhotelan karena yang pertama prospek kerja sangat luas, dan pariwisata merupakan kebutuhan semua orang maka dari itu ini akan terus berkembang dan menjadi peluang untuk kita. 

Yang kedua di vokasi akan lebih mengutamakan praktiknya dimana kalian bisa belajar langsung bagaimana menjadi seorang hotelier dan sudah siap saat diterjunkan ke dunia industri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *