Selamat Datang di Website Resmi
Program Studi Desain Grafis
Selamat Datang di Website Resmi
Program Studi Desain Grafis
Previous slide
Next slide
 “Visi Keilmuan Program Studi Diploma IV Desain Grafis adalah menjadi pelopor Program Studi berbasis desain visual terapan yang mampu memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan teknologi digital” 

Program Studi D4 Desain Grafis berdiri dan pertama kali menyelenggarakan perkuliahan pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 397/KPT/I/2016 tanggal 13 September 2016. Program Studi D4 Desain Grafis bernaung di bawah Program Pendidikan Vokasi, Program Studi D4 Desain Grafis bernaung di bawah Program Pendidikan Vokasi, dan sejak tanggal 20 Agustus 2018 menurut Surat Keputusan Rektor no 57 tahun 2018, PS D4 Desain Grafis diintegrasikan ke dalam Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, sehingga berdasarkan keputusan tersebut, jurusan Arsitektur FT UB memiliki tiga program studi yaitu PS Sarjana Arsitektur, PS Magister Arsitektur Lingkungan Binaan, dan PS D4 Desain Grafis, namun sejak tanggal 22 Februari 2022 menurut Surat Keputusan Rektor no 30 tahun 2022 terkait Organisasi dan Tata Kerja Fakultas Vokasi, PS D4 Desain Grafis diintegrasikan kembali ke dalam Departemen Industri Kreatif dan Digital Fakultas Vokasi, sehingga berdasarkan keputusan tersebut, Departemen Industri Kreatif dan Digital Fakultas Vokasi memiliki dua program studi yaitu PS D3 Teknik Informatika dan D4 Desain Grafis.

    1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis desain visual terapan yang kreatif dan inovatif yang sejalan dengan kebutuhan industri untuk menjawab tantangan ekonomi kreatif.
    2. Menciptakan penelitian berbasis desain visual terapan dalam pemanfaatan dan pengembangan Information and Communication Technology (ICT).
    3. Mengaplikasikan keilmuan berbasis desain visual terapan yang efektif dalam bentuk pengabdian masyarakat.

       

      Yang memiliki tujuan :

      1. Menghasilkan lulusan yang profesional dengan kompetensi dalam bidang desain visual terapan yang berkarakter kewirausahaan untuk menunjang pengembangan ekonomi kreatif.
      2. Menghasilkan luaran penelitian desain visual terapan yang bermanfaat dan berkelanjutan berbasis Information and Communication Technology (ICT).
      3. Menghasilkan karya desain visual terapan yang aplikatif dan berguna bagi masyarakat dan industri.

     

Lulusan Program Pendidikan Vokasi Desain Grafis menyiapkan peserta didik menjadi desainer dan anggota masyarakat yang memiliki kemampuan dan kompetensi di bidang desain, yaitu:

  1. Berkemampuan dalam pengembangan diri dan penerapan metode baru serta dapat mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni khususnya bidang Desain Grafis (Periklanan, Perancangan Identitas Visual, Sinematografi, Multimedia, Audio Visual, Animasi, Ilustrasi, 3D artist dan Fotografi) untuk memprediksikan langkah selanjutnya agar mencapai masa depan yang lebih baik.
  2. Mampu mengaplikasikan keilmuan dalam bidang Desain Grafis kepada masyarakat dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) sebagai salah satu sub sektor dalam pengembangan Ekonomi Kreatif yang menitikberatkan pada peningkatan taraf hidup masyarakat.
  3. Mampu menghasilkan karya desain yang kreatif, inovatif, yang berbasis lokalitas Indonesia dengan penjaminan mutu sesuai standar industri kreatif nasional dan internasional.
  4. Mampu berpikir secara konstruktif dalam rangka berperan aktif membangun bangsa.
  5. Mampu menganalisa permasalahan dan memberikan solusi secara tepat guna.
  6. Mampu mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni guna mengaplikasikannya pada desain yang berkelanjutan.

Kerjasama Prodi

  • FX Media Singapore
  • Tokyo University of Technology
  • Roundbox Animation 
  • Zeus Animation
  • Orkha Creative
  • Typia Nesia
  • Nagantaka
  • Sugarnuts Indonesia
  • RR Graph Design
  • Inagata Technosmith
  • Akroma Studio
  • Dotstruction Studio
  • Grax Studio
  • 24 Studio
  • Kompetensi Desainer Grafis Junior
  • Kompetensi oleh Industri Kreatif

Untuk mengetahui detil kurikulum, download Pedoman Akademik Fakultas Vokasi disini

Untuk mengetahui Dosen program studi klik disini

Berita Terbaru

Mahasiswa Vokasi UB Raih Miss Mega Bintang Jatim 2024

Mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Angkatan 2023 Shinta Indah Permata Sari berhasil dinobatkan sebagai Miss Mega Bintang Jawa Timur 2024. Setelah kemenangannya pada ajang Miss Mega Bintang Jawa Timur 2024, Shinta langsung mendapatkan undangan untuk mengisi siaran radio dan sesi foto. Latar belakangnya sebagai Mbak Duta Wisata Kabupaten

Read More »
Elo Kusuma Alfred Mandeville, Menginspirasi dengan Kisah Perjalanan Akademisnya di Universitas Brawijaya

Elo Kusuma Alfred Mandeville, lulusan terbaru Program Studi Desain Grafis Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya, telah menyelesaikan perjalanan studinya pada Sabtu, 20 Januari 2024. Kisahnya yang penuh inspirasi tidak hanya mencerminkan keberhasilan akademis, tetapi juga perjuangan dan semangat mengatasi keterbatasan. Berawal dari keraguan dan keterbatasan, Elo memilih jalur yang tidak konvensional

Read More »
Penjajakan Kerja Sama Internasional dengan Kyusu University dan Tokyo University of Technology

Menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri terus diinisiasi secara berkesinambungan oleh Program Studi D-IV Desain Grafis Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya. Sebagai langkah nyata untuk memperluas kerja sama internasional, Sekretaris Departemen Industri Kreatif dan Digital, Titi Ayu Pawestri, ST.MT., bersama Ketua Program Studi D-IV Desain

Read More »
Kolaborasi Vokasi UB dengan Masyarakat Desa Langlang Dalam Merancang Identitas Visual Desa

Desain Grafis sebagai salah satu Program Studi Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya berupaya untuk memberikan dampak kepada khayalak umum melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian Masyarakat diselenggarakan di Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Kegiatan ini bertemakan “Perancangan Identitas Visual dan Implementasi pada Media Promosi Desa Langlang, Kecamatan Singosari” bertujuan untuk

Read More »
Menggali Wawasan Baru dalam pembuatan modeling character 3 Dimensi Prodi D-IV Desain Grafis Fakultas Vokasi Pada matakuliah CAD 2 (3D Modeling) Praktisi Mengajar

Program Studi D-IV Desain Grafis Vokasi UB kembali menggelar kegiatan Praktisi Mengajar di Lantai 3 Gedung Lab. Industri Kreatif dan Digital. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari Fakultas Vokasi untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahassiwa. Kegiatan Praktisi Mengajar dihadiri oleh mahasiswa Desain Grafis Semester 5 yang hadir

Read More »
English Web