Dosen Program Studi D3 Teknologi Informasi Universitas Brawijaya Tingkatkan Kolaborasi Internasional dengan Kunjungan ke Universiti Sains Malaysia

Penang, Malaysia – 1 November 2023 – Dalam upaya memperluas jaringan internasional dan meningkatkan kualitas penelitian serta pengajaran, dosen dari Program Studi D3 Teknologi Informasi Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (TI Vokasi UB) telah melakukan kunjungan penting ke Universiti Sains Malaysia (USM) di Penang, Malaysia. Kunjungan ini merupakan bagian dari program inovatif ‘Dosen Berkarya Universitas Brawijaya’.

Dosen TI Vokasi UB diterima langsung oleh Dr. Selvakumar Manickam, Director of National Advanced IPv6 Centre (NAv6) di USM. Pertemuan ini menandai sebuah langkah maju dalam pembentukan kerjasama yang berfokus pada penelitian bersama dalam bidang Internet of Things (IoT) dan Cybersecurity, serta membuka peluang untuk pengembangan studi lanjutan (S3) bagi para dosen TI Vokasi UB.

Diskusi intensif antara kedua belah pihak menghasilkan rencana konkret untuk penandatanganan dokumen kerjasama (MoA) dengan National Advanced IPv6 Centre (NAv6), mengukuhkan komitmen bersama dalam penelitian dan pendidikan. MoA ini akan mencakup pertukaran akademik, riset bersama, serta pengembangan kapasitas dosen dan mahasiswa.

Acara ini diakhiri dengan kunjungan ke berbagai laboratorium canggih di NAv6, di mana para dosen TI Vokasi UB dapat menyaksikan secara langsung kemajuan teknologi dan infrastruktur penelitian yang akan mendukung kerjasama ini.

“Kami sangat antusias dengan pembukaan kesempatan ini,” ujar salah satu dosen UB. “Kerjasama dengan NAv6 USM bukan hanya akan meningkatkan kapasitas riset kami, tetapi juga memberikan kami akses ke sumber daya dan jaringan global yang akan memperkaya pengalaman belajar dan mengajar di Fakultas Vokasi.”

Penandatanganan MoA diharapkan akan berlangsung dalam beberapa bulan mendatang, menandai awal dari hubungan yang produktif dan berkelanjutan antara Universitas Brawijaya dan Universiti Sains Malaysia.

English Web