Dosen Vokasi UB Lakukan Penyuluhan dan Pelatihan pada Paguyuban UMKM Kota Malang sebagai Bentuk Realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

    Kamis (8/10), para dosen Fakultas Vokasi, Universitas Brawijaya melakukan penyuluhan pada paguyuban UMKM masyarakat sebagai bentuk realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

        Penyuluhan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama pada pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Sedangkan sesi kedua pada pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. Sesi pertama bertema “Scale Up Bisnis Paguyuban UMKM Kota Malang Melalui Pelatihan Manajemen dan Hukum Bisnis dalam Rangka Recovery Pandemi Covid-19”. Para dosen yang menjadi narasumber yaitu: Ibu Sovia Rosalin, S.AP., M.AB., Ibu Dr. Rini Agustin, S.Kom, M.Pd., Ibu Rachma Bhakti Utami, SE., M.AB., Bapak Kusairi, S.E., M.E., dan Bapak Azna Abrory Wardana, S.H., M.H. Sedangkan sesi kedua bertema “Pelatihan dan Pendampingan Branding serta Komunikasi Bisnis Guna Mempersiapkan UMKM Tangguh di Era Digital Pada Paguyuban UMKM Kota Malang”. Para dosen yang menjadi narasumber yaitu: Bapak Lintang Edityastono, S.AB., M.AB., Ibu Hapsari Dian Sylvatri, S.S., M.I.Kom., Ibu Dr. Nur Ambulani, M.Si., dan Ibu Karisma Sri Rahayu, S.ST., M.AB.

    Tim jurnalis PSIK Vokasi, Universitas Brawijaya mewawancarai salah satu narasumber di sesi kedua, yaitu Bapak Lintang Edityastono, S.AB., M.AB. Bapak Lintang menjelaskan bahwa kegiatan tersebut harus dilakukan sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Dosen harus memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada UMKM sehingga ilmu di perguruan tinggi bermanfaat bagi masyarakat.

     Bapak Lintang juga menambahkan bahwa materi di sesi kedua ini tentang “branding”. Branding dibagi menjadi dua, yaitu branding usaha, cara pemasaran melalui digital marketing, pitching kepada perusahaan dan cara berkomunikasi bisnis secara efektif.

     “Harapan untuk acara ini bisa berlanjut sehingga ada transfer knowledge dari pengusaha UMKM untuk meningkatkan kualitasnya.” Ungkap Bapak Lintang.

        Lalu, tim jurnalis PSIK Vokasi, Universitas Brawijaya mewawancarai Ibu Rachma Bhakti Utami, SE., M.AB. Ibu Rachma mengungkapkan latar belakang acara tersebut terselenggara adalah karena kewajiban dan menyesuaikan latar belakang keahlian dan keilmuan dari masing-masing dosen, diantaranya yaitu visibility study, manajemen keuangan, manajemen bisnis, dan hukum bisnis. Untuk sesi pertama, narasumber visibility study adalah Ibu Rachma dan Bapak Kusairi. Narasumber manajemen bisnis adalah Ibu Sovia dan Ibu Rini. Narasumber hukum bisnis adalah Bapak Azna. Untuk sesi kedua, narasumber branding adalah Ibu Karisma dan Bapak Lintang. Narasumber komunikasi bisnis adalah Ibu Sylva dan Ibu Nur Ambulani.

      Yang terakhir adalah mewawancarai peserta selaku ketua Rumah Pengusaha Malang Raya (RPMR), yaitu Bapak Nanang. Bapak Nanang menjelaskan bahwa di RPMR sendiri ada sekitar 500 UMKM, namun di Malang sendiri terdapat banyak sekali UMKM. Kesan dan pesan dari Bapak Nanang adalah bagus sekali karena UMKM memang membutuhkan dan menggandeng dosen-dosen dari perguruan tinggi swasta maupun negeri.

        “Harapan saya ke depannya adalah agar pelatihan ini dapat diteruskan sehingga para pemilik UMKM selain bekerja juga mendapatkan ilmu dari para dosen perguruan tinggi.” ungkap Bapak Nanang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ︽
Scroll to Top