Bentuk Realisasi Pengabdian Masyarakat, Para Dosen Vokasi Lakukan Penyuluhan pada UMKM

    Dosen Vokasi dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB) mengadakan pelatihan dan pendampingan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pelatihan semacam ini adalah yang kedua kalinya diadakan oleh dosen Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya. Kegiatan ini terlaksana pada Kamis 6 Oktober 2022 di Gedung Fakultas Vokasi UB, Ruang Rapat Lt. 4 Jl. Veteran Malang. Penyuluhan dan pelatihan tersebut merupakan bentuk Tri Dharma dosen, yaitu pengabdian pada masyarakat dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para UMKM di bawah paguyuban Malang Raya.

      Tema dari pelatihan yang terselenggara adalah “Scale Up Bisnis Paguyuban UMKM Kota Malang Melalui Pelatihan Manajemen dan Hukum Bisnis dalam Rangka Recovery Pandemi Covid-19”. Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat (Penmas) Fakultas Vokasi UB, Lintang Edy Tiastono mengungkapkan bahwa ”Selama ini dunia akademisi dinilai sebagai Menara Gading. Adanya kegiatan Kepada Masyarakat (Penmas) diharapkan akan mengubah pandangan tersebut melalui pelatihan dan pendampingan tenyang branding dan komunikasi bisnis kepada pelaku UMKM Paguyuban UMKM Rumah Pengusaha Malang Raya (RPMR).

        Sovia Rosalin S.AP., M.AB sebagai Ketua Pelaksana menjelaskan mengenai scale up dan manajemen bisnis. Ia menegaskan bahwa saat ini terdapat 200 – 300 pengusaha di Paguyuban UMKM Rumah Pengusaha  Malang Raya yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen dan hukum bisnis.

    Dalam pelatihan ini juga hadir perwakilan dari Paguyuban UMKM Rumah Pe-ngusaha Malang Raya yaitu Nanang Sugeng Widyantoro. Nanang menilai kegiatan ini sangat bagus untuk membantu para pelaku UMKM, dikarenakan setelah adanya pandemic Covid-19 banyak UMKM yang lesu sehingga hampir tidak bisa bertahan.

    Paguyuban UMKM Rumah Pengusaha Malang Raya menghadirkan 25 orang anggota untuk mengikuti pelatihan ini. Adanya pelatihan dan pendampingan UMKM dari dosen Fakultas Vokasi UB ini diharapkan dapat terus dilaksanakan guna menambah wawasan dan keilmuan pelaku UMKM di Malang Raya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ︽
Scroll to Top