Fakultas Vokasi Gelar Pelatihan Manajemen Stres Sebagai Tindakan Pencegahan Untuk Meminimalkan Efek Negatif Dari Stres Bagi Dosen Dan Tenaga Kependidikan

Pada tanggal 21 November 2023, ULTKSP Fakultas Vokasi telah mengadakan Pelatihan Manajemen Stress Sebagai Tindakan Pencegahan Untuk Meminimalkan Efek Negatif Dari Stres Bagi Dosen Dan Tenaga Kependidikan. Pelatihan ini menghadirkan dua pemateri yaitu Dr. Lucky Endrawati, S.H., M.H  Dan NS. Muhammad Sunarto, S.KEP., M.KEP., SP.KEP.J. dari Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Brawijaya. Pelatihan ini diadakan secara daring melalui zoom dan luring di UB Guest House Lt. 3 Ruang Oryza Meeting Room. 

Dr. Lucky Endrawati, S.H., M.H, salah satu pemateri, membawakan topik mengenai pengelolaan stres melalui pendampingan hukum dalam kasus kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi. Dalam penyampaiannya, beliau menekankan pentingnya untuk tidak berusaha melampaui kemampuan diri ketika menghadapi masalah. Beliau memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana menangani kasus kekerasan seksual dengan bijaksana.

NS. Muhammad Sunarto, S.KEP., M.KEP., SP.KEP.J., pemateri kedua, membahas manajemen stres pada pekerja. Dalam materi yang disampaikannya, beliau menekankan bahwa salah satu ciri orang sehat adalah mampu menemukan makna kehidupan setelah menghadapi masalah. Sunarto juga menjelaskan bahwa stres dapat memiliki dampak positif jika diolah dengan baik. Ia mendorong peserta untuk tidak menyimpan masalah sendiri, melainkan berbagi dan bercerita kepada orang yang tepat, serta mampu melihat situasi dari dua sisi. Dan diakhir sesi ini dilakukan praktik untuk relaksasi yang diikuti oleh semua peserta yang hadir.

Susilowati S.Sos, M.AB Selaku Keuta Pelaksana dan Ketua ULTKSP Fakultas Vokasi berharap setelah diadakannya acara ini, Faultas Vokasi dapat membrikan tindak lanjut berupa fasilitas untuk Bapak/Ibu dosen dan Tendik yang memang memiliki masalah untuk melakukan konseling dengan psikolog salah satunya dengan Bapak NS. Muhammad Sunarto, S.KEP., M.KEP., SP.KEP.J.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang manajemen stres kepada dosen dan tenaga kependidikan ULTKSP Fakultas Vokasi. Dengan menghadirkan dua pemateri yang berkompeten, acara ini berhasil memberikan wawasan yang berharga bagi peserta untuk mengatasi stres dengan lebih baik dalam lingkungan kerja mereka. (nzl/sa)

English Web