Fakultas Vokasi UB Kelola Wisata Desa di Trenggalek

Malang, 14 Desember 2023 – Fakultas Vokasi (FV) Universitas Brawijaya (UB) mendapatkan dana hibah program Matching Fund (MF) 2023 dari Kemendikbudristek RI. Dana yang diperoleh itu dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah inovasi. Terbaru, mereka membuat sistem informasi destinasi dan kalkulator paket wisata untuk seratus desa wisata (Nakula Sadewa) yang terintegrasi dengan Roketo Box. Inovasi yang dibuat itu diketuai Dosen FV UB Salnan Ratih Asriningtias. Dia dibantu oleh Sovia Rosalin, Titi Ayu Pawestri, Dini Kurnia Irmawati dan Deasy Chrisnia Natalia.

Mereka mengimplementasikan hasil inovasi tersebut di Kabupaten Trenggalek. Reka cipta tersebut dirancang dan dibuat berdasar permasalahan di masyarakat khususnya terkait penguatan pariwisata. “Pandemi Covid-19 berdampak terhadap pariwisata di Kabupaten Trenggalek. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Trenggalek menurun drastis hampir 50 persen pada 2020,” ungkap Salnan.

Selain itu, terdapat penurunan kontribusi terhadap pendapatan anggaran daerah (PAD) pada 2022. Setelah pandemi mereda, pengembangan potensi wisata daerah merupakan salah satu prioritas pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam rangka pemulihan perekonomian. Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyampaikan MEROKET (Maju ekonomi rakyatnya, SDM yang kreatif dan Ekosistem yang terjaga) menjadi prioritas yang dituangkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

Sistem destinasi dan kalkulator paket wisata mengintegrasikan informasi dari seratus desa wisata yang tersebar di Kabupaten Trenggalek. Kemudian memberikan pengguna untuk mengakses secara mudah dalam merencanakan perjalanan wisata. “Sementara Roketo Box adalah sebuah bilik inovatif yang menyajikan pengalaman virtual dan sensorik yang memukau bagi pengunjung. Bilik ini dirancang untuk menambahkan dimensi baru pada pengalaman pariwisata,”Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin ujar Salnan. (*/adn)

English Web