Fakultas Vokasi UB Menyelenggarakan Program Rekonstruksi Kurikulum dengan Dunia Industri untuk Memenuhi Kebutuhan Industri

Malang, 27 Juni 2024 – Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB) melaksanakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Program Rekonstruksi Kurikulum yang inovatif bekerja sama dengan berbagai mitra industri. Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan masukan kurikulum pendidikan dengan kebutuhan dinamis industri, memastikan lulusan siap untuk memenuhi tuntutan tenaga kerja saat ini dan di masa depan.

Forum Group Discussion ini dihadiri oleh perwakilan dunia industri dari berbagai bidang yaitu perhotelan, perbankan, teknologi informasi, desain grafis serta bidang bisnis, hal ini sesuai dengan lima program studi yang ada di Fakultas Vokasi UB yakni Program Studi D3 Keuangan Perbankan, D3 Administrasi Bisnis, D4 Manajemen Perhotelan, D3 Teknologi Informasi dan D4 Desain Grafis. Dekan Fakultas Vokasi UB, Mukhammad Kholid Mawardi, S.Sos., M.A.B., Ph.D, dalam sambutannya menyatakan bahwa rekonstruksi kurikulum ini merupakan langkah strategis untuk menciptakan sinergi antara dunia pendidikan dan dunia industri. “Dengan kurikulum yang lebih relevan dan aplikatif, kami berharap dapat mencetak lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi tinggi, tetapi juga siap berkontribusi secara nyata di dunia kerja,” ujarnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Vokasi UB, Dr. Ulfa Andayani, S.Si., M.Si. memberikan pengarahan tentang kebutuhan rekonstruksi kurikulum bahwa rekonstruksi kurikulum ini memang dibutuhkan berdasarkan landasan dasar rujukan Undang-Undang, Permendikbud dan Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi. Program ini melibatkan berbagai dunia industri untuk memberikan masukan secara langsung tentang kebutuhan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan di lapangan kerja pada setiap program studi yang ada di Fakultas Vokasi UB sehingga dapat menciptakan lulusan yang siap kerja. Program ini mencakup penyusunan kurikulum yang lebih praktis, peningkatan kualitas pengajaran, serta penyediaan kesempatan magang dan project based learning bagi mahasiswa.

Dengan adanya Program Rekonstruksi Kurikulum ini, Fakultas Vokasi UB menunjukkan komitmennya dalam menjawab tantangan globalisasi dan perkembangan industri yang pesat. Diharapkan program ini dapat menjadi model bagi institusi pendidikan lainnya dalam menciptakan lulusan yang kompeten dan siap kerja.

 

Views: 0

English Web