Gambarkan Kompleksitas Kerja sebagai Frontend Developer : Program Studi D3 Teknologi Informasi Menggelar Praktisi Mengajar dari Alumni Vokasi

Dalam upaya berkelanjutan untuk memperkaya pengalaman akademik mahasiswa, Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya telah menggelar program praktisi mengajar yang mengundang perhatian seluruh komunitas akademik. Program ini berlangsung dari tanggal 18 September 2023 hingga 23 Oktober 2023, dengan fokus utama pada memberikan wawasan mendalam tentang praktik industri terkini kepada mahasiswa Program Studi D III Teknologi Informasi.

Program ini dirancang khusus untuk memberikan pandangan praktis tentang implementasi konsep-konsep yang diajarkan dalam mata kuliah Pemrograman Web Dinamis, sambil memberikan wawasan tentang aplikasi nyata dari teknologi yang sedang berkembang di industri. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat mengintegrasikan pengetahuan teoritis dengan keterampilan praktis yang diperlukan dalam pengembangan web dinamis.

Salah satu momen puncak dalam rangkaian acara tersebut adalah kehadiran Januar Fonti, seorang praktisi berpengalaman di bidang Front-End yang telah mengukir reputasi gemilang dalam industri teknologi global. Fonti, yang merupakan alumni unggul dari Fakultas Vokasi, telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam mengembangkan antarmuka pengguna yang inovatif selama lebih dari satu dekade.

Fonti merupakan  seorang praktisi Front-End yang terkemuka dari perusahaan teknologi Clearview. Clearview, perusahaan yang berbasis di Amerika dan dikenal dengan tim programmer yang tersebar di berbagai negara dengan sistem kerja jarak jauh (remote), telah menjadi pusat perhatian dalam industri teknologi global ( https://clearview.team/ ).

Dalam program ini, Fonti menyajikan serangkaian materi yang mendalam dan bermanfaat bagi para mahasiswa. Selain memberikan gambaran menyeluruh tentang kompleksitas kerja di lingkungan front-end, Fonti juga menekankan pentingnya pemahaman tentang sistem kerja jarak jauh (remote) yang semakin berkembang pesat di industri teknologi. Dia membagikan pengalaman pribadinya dalam beradaptasi dengan dinamika kerja tim yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Selain menyoroti isu-isu terkini dalam industri, Fonti juga membahas secara rinci konsep-konsep kunci dalam pengembangan front-end, termasuk prinsip desain antarmuka pengguna (UI) yang menarik dan responsif. Dia memberikan pandangan mendalam tentang peran penting teknologi JavaScript dan kerangka kerja (framework) JavaScript seperti Vue.js dan React.js dalam menghasilkan aplikasi web yang inovatif.

Program praktisi mengajar ini menandai langkah maju signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya. Dengan mempertemukan mahasiswa dengan pemikiran dan wawasan terkini dari industri, universitas ini membuktikan komitmennya dalam menyiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan dunia kerja yang terus berubah. Fonti tidak hanya meninggalkan pengetahuan praktis, tetapi juga warisan inspiratif bagi para mahasiswa yang bersemangat dalam mengembangkan keterampilan mereka di bidang teknologi informasi.

English Web