Inisiasi Kerjasama Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya dengan Swinburne University of Technology, Australia

photo bersama

Malang, 2 Juli 2024 – Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB) mengadakan acara penting yaitu “Pembahasan Inisiasi Kerjasama dengan Swinburne University of Technology, Australia” dan presentasi oleh KPS D4 Desain Grafis FV UB terkait “Digitalization of Indonesia Local Culture”. Acara ini dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 3 Fakultas Vokasi Kampus Dieng, dan dihadiri oleh dekan bidang Akademik Fakultas Vokasi UB, Bapak Mukhammad Kholid Mawardi, S.Sos., M.A.B., Ph.D., seluruh Ketua Program Studi Fakultas Vokasi UB, Dr. A. Faidlal Rahman, SE.Par., M.Sc., CHE selaku Ketua IRO Fakultas Vokasi UB, Dr. Eryadi Masli dari Swinburne University of Technology, Australia, serta mahasiswa dari Swinburne University of Technology, Australia.

Delegasi dari Swinburne University of Technology datang untuk memulai inisiasi kerjasama yang bertujuan meningkatkan kolaborasi internasional dalam pendidikan dan riset. Swinburne University of Technology, yang memiliki program TEF (Technical and Further Education) mirip dengan sistem vokasi di Australia, menyatakan komitmennya untuk memperdalam hubungan dengan Universitas Brawijaya.

Langkah awal kerjasama ini melibatkan pertukaran mahasiswa melalui program ISMA (International Student Mobility Agreement), yang memungkinkan mahasiswa dari kedua institusi untuk belajar dan berkontribusi di lingkungan akademik yang berbeda. Salah satu poin penting dari diskusi adalah keterlibatan dosen dalam inisiatif ini. Swinburne akan mengundang pembicara tamu dan memberikan kesempatan bagi dosen dari Universitas Brawijaya untuk mengikuti short course atau bahkan mengambil program PhD di Swinburne. Ini adalah langkah konkrit untuk meningkatkan kapasitas akademik dan penelitian di kedua belah pihak.

Tidak hanya itu, Swinburne juga menawarkan berbagai skema beasiswa untuk mendukung topik riset yang relevan dengan pengembangan mereka, termasuk dalam bidang ekonomi berkelanjutan dan penggunaan bahan daur ulang untuk inovasi budaya lokal seperti alat musik tradisional. Dalam pertemuan ini, harapan besar terletak pada kemampuan kolaborasi ini untuk mengangkat profil internasional Universitas Brawijaya, khususnya di bidang vokasi. Ini diharapkan akan membuka pintu bagi kerjasama yang lebih luas dan bermanfaat antara kedua institusi.

Kunjungan ini menandai langkah awal yang kuat dalam membangun jaringan kerjasama yang berkelanjutan dan saling menguntungkan antara Swinburne University of Technology dan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya. Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perkembangan pendidikan dan penelitian di kedua negara.(SBT/NC)

Views: 0

English Web