Inovasi Terbaru dari Fakultas Vokasi UB: Luncurkan Service Robot untuk Optimalisasi Pengelolaan Vocafe

Malang – Tim riset dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB) telah mengukir prestasi membanggakan dengan berhasil mengembangkan sebuah Service Robot yang inovatif untuk mendukung operasional Vocafe (Vokasi Cafe) yang berlokasi di Kampus II UB Dieng. Penelitian ini dipimpin oleh Rachmad Andri Atmoko, S.ST., M.T. dan dibantu oleh anggota tim, Ir. Zikrie Pramudia Alfarhisi, S.T., M.T yang berasal dari program studi Teknologi Informasi.

Service Robot yang dijuluki “VOBOT” ini dirancang untuk membantu pengelolaan cafe dengan memberikan pengalaman yang unik dan memuaskan kepada para pengunjung. Robot ini dilengkapi dengan kemampuan teknologi canggih seperti pengenalan suara, pengenalan wajah, dan antarmuka layar sentuh, yang membuat interaksi dengan pengunjung menjadi lebih menarik dan personal.

Inovasi ini sejalan dengan konsep Vocafe sebagai bagian dari Vocafe Teaching Factory, yang mana cafe ini tidak hanya sebagai tempat makan dan minum, tetapi juga sebagai tempat bagi mahasiswa Fakultas Vokasi UB untuk berpraktik dan mengembangkan inovasi-inovasi baru. Vocafe mengusung tiga konsep smart, yaitu Smart Cafe, Smart Product, dan Smart Branding, yang semuanya terintegrasi dalam pengembangan dan operasional VOBOT.

Kehadiran VOBOT di Vocafe diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional cafe, sekaligus memberikan nilai tambah dalam hal pengalaman pengunjung. Penelitian dan pengembangan ini mencerminkan dedikasi dan komitmen Fakultas Vokasi UB dalam menghasilkan inovasi yang bernilai dan mendukung pengembangan pendidikan dan keterampilan mahasiswa.

English Web
Scroll to Top