Jadi Host IISMAVO Partnership Forum, Fakultas Vokasi Siap Bantu Mahasiswa/i Berkesempatan Belajar ke Luar Negeri

      Jum’at (11/11), Fakultas Vokasi, Universitas Brawijaya menyelenggarakan IISMAVO Partnership Forum secara hybrid (offline dan online). Untuk peserta IISMAVO mengikuti acara tersebut secara online melalui Zoom Meeting dan melakukan registrasi pada laman “s.id/iismavo-partnership-forum”. Sedangkan panitia dan pemateri, mengikuti acara tersebut secara offline di UB Guest House. Acara dilaksanakan selama dua hari, yaitu Jum’at, 11 November 2022 pukul 13.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB. Lalu dilanjut pada Sabtu, 12 November 2022 pukul 09.00 WIB hingga 13.30 WIB.

     Rangkaian acara hari Jum’at, 11 November 2022 dibacakan sambutan pertama oleh Ibu Hilda Cahyani Ph.D. selaku ketua program IISMAVO edisi Vokasi. Lalu, sambutan kedua sekaligus sebagai pembukaan acara dibacakan oleh Prof. Dr. Unti Ludigdo, SE., M.Si., Ak. Selanjutnya dibacakan agenda I dengan tema “Subtstansi Kerja Sama PTPPV untuk MBKM Mandiri” oleh Bapak Dr. Junaedi, M.A. selaku wakil ketua I pelaksana pusat kampus merdeka. Dan agenda II dibacakan oleh Ibu Dr. Nirmala, S.S., M.Ed. selaku koordinator kerja sama IISMA edisi Vokasi dengan tema “Designing Promoting Materials”. Yang terakhir yaitu penjelasan Parallel Session 1 dan 2 oleh Bapak M. Alkadri Perdana, M.Sc., selaku koordinator komunikasi dan promosi IISMA edisi Vokasi.

     Rangkaian acara hari Sabtu, 11 November 2022 yaitu overview rencana program “Student Mobility” tahun 2023 oleh Ibu Hilda Cahyani Ph.D. Kemudian dilanjut dengan evaluasi dan penutupan. Banyak sekali peserta yang hadir dan termasuk bagian dari partnership IISMAVO dengan Universitas Brawijaya. Dan panitia yang terlibat yaitu internal Fakultas Vokasi, Universitas Brawijaya.

   “Kegiatan ini merupakan sarana untuk menguatkan hal yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Fakultas Vokasi yaitu IISMAVO dan kerja sama lainnya. Harapannya teman-teman IISMAVO Universitas Brawijaya dapat bertukar dengan mahasiswa/i yang ada di kampus luar negeri. Selama ini, pertukaran mahasiswa/i diajarkan secara daring, mahasiswa/i ada yang dari Filipina, China. Jika diajarkan secara luring, kami siap.” Tutur Prof. Unti.

      Lalu, tim jurnalis mewawancarai Bapak Moko selaku pembimbing mahasiswa/i dan koordinator IISMAVO Universitas Brawijaya. Bapak Moko mengatakan bahwa IISMAVO Partnership Forum merupakan program besar IISMA edisi Vokasi yang merupakan program mobilitas mahasiswa dan bersifat internasional. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan program IISMAVO tahun 2023 yang mendiskusikan tentang masalah dengan perguruan tinggi lainnya serta mencari solusinya.

    “Yang diterima student exchange ke luar negeri yaitu ke Inggris, Hungaria, Korea Selatan, dan Australia yang berjumlah 10 mahasiswa. Ratusan mahasiswa/i Vokasi tidak lolos karena seleksi yang ketat. Seleksi yang penting yaitu bahasa dan wawancara. IISMAVO tahun 2023, kuotanya akan bertambah daripada tahun ini.” Bapak Moko menambahkan.

     Tidak sampai situ, Bapak Moko juga menjelaskan kendala yang dialami mahasiswa/i saat mengikuti IISMAVO yaitu di bahasa. Untuk TOEIC dan TOEFL, skor minimalnya yaitu 560. Jadi, mahasiswa/i harus mempersiapkan lebih awal karena belajar bahasa tidaklah mudah. Dikarenakan program IISMAVO ini adalah bagian dari MBKM, yang merupakan alternatif selain magang, dan dapat dikonversi menjadi 20 SKS apabila sudah ke Indonesia. Di luar negeri juga terdapat kunjungan industri selama dua bulan. Itulah yang membuat IISMAVO berbeda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ︽
Scroll to Top