Kolaborasi Vokasi UB dengan Masyarakat Desa Langlang Dalam Merancang Identitas Visual Desa

Desain Grafis sebagai salah satu Program Studi Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya berupaya untuk memberikan dampak kepada khayalak umum melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian Masyarakat diselenggarakan di Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Kegiatan ini bertemakan “Perancangan Identitas Visual dan Implementasi pada Media Promosi Desa Langlang, Kecamatan Singosari” bertujuan untuk menguatkan branding desa Langlang melalui identitas logo dan implementasi logo ke dalam media promosi berbentuk video profil desa. Kegiatan ini sekaligus menunjukkan eksistensi dan aksi nyata program studi desain grafis dalam menjalin tali silaturahmi antara dosen desain grafis dengan warga Desa Langlang.

Sebagai upaya penguatan branding Desa Langlang, kegiatan pengabdian masyarakat berupaya untuk membuat logo Desa Langlang sebagai icon yang menjadi brand khas Desa Langlang. Perancangan logo pemerintah desa ini dipilih sebagai salah satu upaya branding yang dapat mewakili identitas desa sehingga lebih mudah diingat dan dikenali oleh masyarakat. Kegiatan pembuatan logo ini berkolaborasi dengan perangkat desa dan tokoh daerah Desa Langlang sehingga identifikasi terhadap kebutuhan bentuk, warna, simbol logo dapat memenuhi kriteria stakeholder Desa Langlang.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan melibatkan keseluruhan stakeholder desa Langlang untuk pembuatan video profil desa. Pendekatan kepada masyarakat untuk berpatisipasi dalam penguatan potensi desa melalui kegiatan pariwisata dan UMKM.  Desa Langlang terkenal akan sumber mata air yang melimpah, terdapat lebih dari 5 sumber mata air yang tersebar di berbagai wilayah desa, salah satunya adalah sumber mata air umbulan yang juga menjadi salah satu wisata pemandian air unggulan desa. Selain sektor wisata, sektor industri kreatif masyarakat desa yang tersebar di dalam 4 wilayah RW dalam bentuk usaha kegiatan masyarakat desa melalui UMKM juga turut menjadi fokus yang akan diangkat melalui video profil desa. Masyarakat diajak untuk turut serta berpatisipasi dalam meningkatkan awareness masyarakat di luar desa untuk lebih mengenal potensi Desa Langlang melalui pembuatan video profil Desa. Beberapa UMKM Desa Langlang yang diajak berkolaborasi untuk masuk ke dalam video profil diantaranya: Berkah Rasa, Mamaku Bu Sulik, Batik Latifa, Sae Rotan Sintetis, Bangkiak Semar, MHI, Bucan, dan Telur Asin Bebek.

Kegiatan akhir pengabdian pembuatan logo dan video profil ini ditutup dengan penyerahan hasil akhir video yang diikuti oleh perwakilan warga dan perangkat Desa sekaligus pelatihan workshop dalam peningkatan kapasitas masyarakat Desa dalam perkuatan Branding melalui sosial media.

English Web