KUNJUNGAN DIKSI KE VOKASI UB UNTUK PENYUSUNAN BEST PRACTICES

Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI (Dit. Mitras DUDI) Ditjen Vokasi melakukan kunjungan ke Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya dalam rangka penyusunan Best Practice pedoman model kemitraan Vokasi dan DUDI. Kunjungan dilakukan hari Selasa, Tanggal 7 Februari 2023 yang diisi dengan focus group discussion (FGD) bersama BPPM, penerima Hibah MF FV UB dan Mitra DUDI Fakultas Vokasi selama hampir 4 jam. Acara dilanjutkan kunjungan ke beberapa mitra DUDI Fakultas Vokasi UB, yaitu Cafe Kopi Tani Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Mulyoagung dan AMKE Kota Batu. Kunjungan ditujukan untuk melihat langsung hasil kerjasama FV UB dengan Mitra DUDI, dalam hal ini adalah realisasi pelaksanaan Hibah Matching Fund 2022 dengan berjudul Sistem Otomasi Cafe dalam mendukung Desa Wisata Digital Mulyoagung. Kegiatan lapangan bertujuan untuk melihat langsung hasil kerjasama mitra DUDI dan dampaknya bagi pembelajaran mahasiswa. Selama kunjungan di Cafe Kopi Tani, Tim Mitras DUDI berkenan mencoba sistem otomasi cafe untuk transaksi pemesanan menu makanan dan minuman. Tim merasa sangat puas dengan capaian kinerja tersebut dan berpesan untuk terus mengembangkan model kemitraan seperti ini. Teknologi yang dihasilkan dosen di Kampus Vokasi harus dapat diterapkan oleh masyarakat.

Fakultas Vokasi UB menunjukkan peningkatan partisipasi kegiatan Ditjen Diksi, sejak tahun 2020. Fakultas Vokasi UB berhasil memperoleh 2 Hibah dari Ditjen Diksi yaitu Hibah Competitive Fund (CF) senilai Rp.814.900.000. Partisipasi ini terus meningkat tahun 2021 yaitu sebanyak 4 hibah senilai Rp.1.253.000.000, terdapat nama hibah baru yaitu Hibah Matching Fund. Dan tahun 2022 terus meningkat sebanyak 5 hibah dengan nilai sebesar Rp. 1.685.120.000. Hal ini menunjukkan bahwa semangat dan komitmen untuk mendukung berbagai program Ditjen Diksi terus meningkat. Kompetensi dan pengalaman dosen-dosen Fakultas Vokasi untuk ikut partisipasi kompetisi dengan berbagai program pemerintah pusat.

Kegiatan FGD ini melibatkan juga beberapa Mitra DUDI Fakultas Vokasi, antara lain PT. MyEco Teknologi Nusantara, PT. Jatim Konsulindo Utama dan PT. Mitra Komunikasi Digital. Direktur PT. MyEco Teknologi Nusantara, Sdr. Maulana Derifato Achmad, adalah alumni Fakultas Vokasi yang merupakan salah satu lulusan Program Hibah Ekosistem Kewirusahaan FV UB Tahun 2021. Fato berhasil menyabet juara Youth Entrepreneur Brawijaya tahun 2021. Tim Mitras DUDI memiliki ketertarikan dengan Program Ekosistem Kewirausahaan yang dikaitkannya dengan Mitras DUDI. Terkait dengan HIbah Ekosistem Kewirausahaan ini, Ketua BPPM, Sdr. Suseno menjelaskan bahwa pelibatan mitra sangat intens. Program ini mencakup 9 tahap kegiatan dimana Mitra DUDI terlibat di dalam 5 tahap, yaitu integrasi KWU di dalam kurikulum, Penguatan Mindset KWU Dosen, Magang Wirausaha, Training Inovasi dan Bootcamp wirausaha. Program ekosistem ini menjadi salah satu unggulan Fakultas Vokasi UB.

Tim Mitras DUDI menyebarkan kuesioner yang harus diisi oleh Satuan Pendidikan Vokasi (SPV) dan Mitra DUDI. Kuesioner ini menjadi salah satu bentuk evaluasi kinerja SPV terkait kerjasama dengan Mitra DUDI. FGD dilakukan dengan santai dan sangat rinci terutama bentuk-bentuk atau pola kerjasama kemitraan SPV dan DUDI. Partisipasi Mitra DUDI dalam pembelajaran Vokasi juga digali secara rinci, mulai dari praktisi mengajar, magang mahasiswa, menguji Tugas Akhir, sampai terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, juga menjadi perhatian tim Mitras DUDI untuk didiskusikan.

Terakhir, tim Mitras DUDI, mengingatkan bagaimana pentingnya Mitra DUDI FV UB untuk ikut terlibat program Pemerintah Pusat yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan Pemanfaatan Super Tax dari Ditjen Pajak. Kedua benefit ini belum banyak dimanfaatkan oleh Mitra DUDI Sekolah Vokasi.

English Web