Langkah Progresif: Fakultas Vokasi UB Berkolaborasi dengan Halal Institute untuk Pengembangan Program Studi Baru

22 maret 2024 – Jajaran Pimpinan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya menggelar Focus Group Discussion ( FGD ) bersama Halal Institute. Pertemuan ini berlangsung di Ruang Rapat KP Lantai 5 Veteran dengan tujuan membahas mengenai Memorandum of Agreement (MoA) Kerjasama antar Fakultas Vokasi UB dan Halal Institute. Acara ini Dihadiri oleh M. Kholid Mawardi, S.Sos., M.A.B., Ph.D., selaku Dekan Fakultas Vokasi, Dr Ulfa Andayani, S.Si., M.Si., selaku Wakil Dekan 1 Beserta tim penyusun MoA, serta perwakilan dari Halal Institute yaitu Pak Arifin dan Bu Mimin

Dalam kesempatan ini, Bapak Kholid Mawardi menegaskan pentingnya kerjasama antara. Fakultas Vokasi dan Halal Institute, dengan fokus pada sertifikasi kompetensi mahasiswa sebagai penyelia Halal. Hal ini merupakan respons terhadap kebutuhan industri Halal yang menjadi standar kualitas Universitas. Pak Arifin juga membahas banyaknya kesepakatan MoA dan MoU antara kampus, sambil menyoroti perlunya konsistensi dengan peraturan perguruan tinggi yang berlaku.

Diskusi juga mencakup pertimbangan terkait pelatihan dan standar kompetensi bagi auditor, penyelia, dan juru sembelih halal, serta peran penting Halal Institute dalam menyediakan fasilitas pelatihan dan magang bagi stakeholder terkait. Bu Ulfa Andayani menyoroti pentingnya sertifikasi bagi mahasiswa, sementara Pak Arifin menekankan bahwa sertifikasi tersebut harus diperoleh melalui pelatihan yang sesuai. Diskusi juga membahas kemungkinan kerjasama dalam bidang perhotelan dan pertimbangan terkait pelatihan bagi non-Muslim.

Bapak Kholid Mawardi menekankan bahwa kebutuhan nyata mahasiswa adalah pelatihan serta sertifikasi untuk mendampingi UMKM. Dia juga menyatakan bahwa dana dari UKT telah dialokasikan untuk sertifikasi kompetensi. Namun, perlu diingat bahwa sertifikasi tersebut harus sesuai dengan regulasi yang berlaku, sehingga kerjasama antara Fakultas Vokasi dan Halal Institute diharapkan dapat membantu menyelesaikan hal tersebut melalui langkah-langkah konkret yang telah disepakati.(SBT)

English Web