MAHASISWA D4 DESAIN GRAFIS FAKULTAS VOKASI UB GELAR MADFEST 2023

   Mahasiswa Program Studi Desain Grafis Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB) kembali menggelar acara Madfest 2023 di Gedung MCC lantai 4. Gelaran seni ini berlangsung selama tiga hari dibuka pada tanggal 26 Mei 2023 dan berakhir pada 28 Mei 2023.

   Pembukaan acara Madfest 2023 ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Departemen Industri dan Digital, Ir. I Dewa Made Widia, MT, bersama para dosen serta Ketua Pelaksana Madfest 2023. Sebanyak 54 karya dalam bentuk 2D manual, 2D digital, dan 3D dipamerkan dalam Malang Art and Design Festival (Madfest) 2023. Tujuan utama pameran ini berlangung yaitu sebagai wadah atau ruang bagi mahasiswa untuk menyampaikan ide gagasan melalui karya sehingga dapat diapresiasi oleh banyak orang serta mahasiswa dapat menunjukkan skill yang mumpuni.

   Tema yang diusung dalam pameran Madfest 2023 yaitu “How It Ends?”. Ketua pelaksana Madfest 2023, Samuel Ferdinand Tora menjelaskan bahwa tema yang diusung berkaitan dengan perusakan alam dan bencana alam. “Masyarakat belum sadar bagaimana cara merawat ekosistem bumi, belum sadar dampak yang diakibatkan jika terus melakukan perusakan alam. Lewat tema “How It Ends?” ini diharapkan masyarakat dapat memahami dan mengerti akibat yang ditimbulkan dari perusakan alam.” ujar Samuel. Ada 3 flow dalam pameran kali ini, flow 1 tentang perusakan alam dimana manusia melakukan perusakan alam misalnya membuang sampah sembarangan. Flow 2 yaitu bencana alam seperti banjir yang disebabkan karena masyarakat seringkali membuang sampah sembarangan. Flow 3 tentang perbaikan alam. Pada flow ketiga ini masyarakat telah memiliki kesadaran pentingnya menjaga alam.

   Dari penjelasan ketiga flow tersebut, diimplementasikan dalam karya berupa lukisan, poster, nirmana, dan karya 3D lainnya. Dalam pengumpulan karya yang akan dipamerkan, panitia Madfest 2023 menggunakan sistem open submission karya. Jadi tidak hanya karya dari mahasiswa D4 Desain Grafis Fakultas Vokasi UB, karya juga berasal dari mahasiswa kampus lain. Selain pameran karya, akan ada seminar dan workshop dari beberapa bidang desain. Dalam kegiatan ini pembicara akan menyampaikan materi berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya untuk menambah insight kepada peserta.

      Ketua Pelaksana Madfest 2023 berharap kedepannya acara Madfest dapat menjadi culture yang terus digelar tiap tahun oleh angkatan-angkatan selanjutnya. Ia juga berharap Madfest bisa semakin besar dan dikenal oleh masyarakat luas.

English Web