Mahasiswa Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya Raih juara dua pada Perlombaan Japfa Innovaction Nasional 2021

Salah satu Mahasiswa Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya kembali melambungkan sayapnya di kancah nasional dengan timnya dari berbagai jurusan. Mahasiswa berprestasi tersebut terdiri dari sebuah kelompok yang beranggotakan lima orang, diantaranya : Dinda Arum Mustiko Weni (Vokasi), Nur Aini Azizah (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), Muhamad Ibnu Fajar (Teknik Elektro), Valentino Ode Anugrah Kristanto (Teknik Elektro), Cecilia Fauziah(Fakultas Pertanian).`

Lomba yang mereka ikuti adalah JAPFA Innovaction Competition yakni lomba karya tulis ilmiah yang diinisiasi oleh STP bagi seluruh mahasiswa/i dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan mengusung tema “Inovasi Menuju Industri Akuakultur 4.0”. Tim dari RAJA BRAWIJAYA akhir nya memenangkan lomba dan meraih peringkat kedua dalam lomba tersebut, Final Event ini  diadakan pada 22-23 September 2021.

Strategi kami dalam mempersiapkan perlombaan ini adalah dengan memperkuat kerjasama tim dengan jobdesk yang telah dikuasai masing-masing, seperti aini sebagai ahli riset terkait benih udang, Dinda sebagai designer UI apps dan ahli riset potensi bisnis, Cecil sebagai pembuat proposal, Valen sebagai Software Engineer, dan Ibnu sebagai Hardware Engineer. Dibantu dengan bimbingan dan arahan dari dosen pembimbing kami, Ir. Nurusaa’adah, M. T. dari Teknik Elektro “ujar Dinda dari perwakilan tim.

Dalam mengikuti kompetisi ini terdapat tantangan yang dirasakan oleh tim RAJA BRAWIJAYA, Tantangannya adalh koordinasi yang dilakukan secara jarak jauh, sinyal, dan manajemen waktu.  Namun mereka bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan diskusi daring secara rutin sehingga terdapat kemajuan dari project yang tengah dikerjakan.

Diakhir wawancara dinda memberikan pesan kepada mahasiswa Pendidikan Vokasi Universitas Brawaijaya, Teruslah berinovasi, jangan ragu untuk mengikuti kompetisi untuk memvalidasi ide kalian apakah layak untuk diimplementasikan atau  butuh dievaluasi agar dapat dikembangkan menjadi lebih baik. Kembangkan hobi dan ketertarikan kalian, karena hal itu akan berguna apabila dikembangkan dan diasah terus menerus. Terakhir, jadilah pribadi yang humble untuk  memperbanyak relasi baik melalui teman beda jurusan, fakultas, maupun beda universitas supaya dapat memperkaya jaringan dan informasi yang tidak kita ketahui.

(USG/CH)

English Web