Mahasiswa Vokasi UB Raih Juara pada Pemilihan Putera Puteri Pendidikan 2021 Jatim

Hikam Fajar Ramadhan mahasiswa prodi Administrasi Bisnis bidang minat Administrasi Hukum Program Vokasi Angkatan 2020,  meraih prestasi pada pemilihan Putera Puteri Pendidikan Jawa Timur 2021.  Proses seleksi ajang pemilihan lomba Putra Putri Pendidikan Provinsi Jawa Timur ini telah dilalukan sejak bulan Maret 2021, yang diikuti oleh sekitar 400 putera puteri terbaik dari beberapa daerah di Jawa Timur. Selanjutnya dilakukan seleksi melalu tahap 1,  dan tahap 2, kemudian dilanjutkan dengan semifinal, sehingga tinggal menyisakan 12 pasang finalis. Dua belas terbaik tersebut telah menyisihkan duta-duta putra-putri pendidikan dari daerah-daerah se Provinsi Jawa Timur.

Tepat pada Sabtu, 05 Juni 2021, Acara Puncak Grand Final diadakan di Grand City Mall Surabaya. Dalam kompetisi tersebut Hikam berahasil meraih  Juara 1 Putera Pendidikan Jawa Timur 2021. Dalam program yang berada di bawah asuhan Putra Laurentius Widya Putra ia membabawa program dan advokasi mengenai peningkatan pendidikan anti korupsi, berupa software aplikasi dan pemanfaatan media podcast. Podcastnya sendiri bernama Atap Kampus dan saat ini sudah tersedia di spotify. Alasan Hikam untuk mengangkat pendidikan anti korupsi sebagai topiknya, dikarenan melalui dana yang di korupsi itu ia menilai sangat merugikan banyak pihk, karena seberapapun dana yang dikorupsi bisa untuk pengembangan di berbagai sektor tuturnya. Sehingga diharapkan dari hadirnya podcast tersebut dapat mengedukasi terkait dengan bentuk polanya terutama pada sektor pendidikan, dan besar harapan untuk bisa menjadikan aksi pencegahan dalam realisasinya.

Kemudian Hikam dalam sesi wawancara juga menyampaikan alasan dan tujuannya kenapa lebih memilih  podcasts sebagai platformnya, karena selain mudah di akses juga lebih simple untuk didengarkan, apalagi di masa pandemi seperti ini kita bener bener dibatasi untuk bisa melakukan implementasi secara offline, sehingga saya memilih jalan untuk podcast. selain itu juga podcast bisa saya jadikan alat untuk speak up mengenai permasalahan salah satunya di sektor pendidikan tuturnya. Kemudian terkait programya saat ini sudah berjalan sejak januari 2021, ia menejelaskan akan ada pengembangan kedepannya karena saat ini programnya lolos dalam PKM Pimnas dan dia akan mewakili Jawa Timur di ajang Nasional Putera Puteri Pendidikan pada bulan agustus di Bandung.

Selama mengikuti kompetisi Hikam merasaka banyak benefit yang didapatkan. salah satunya ilmu baru terkait program program pendidikan seperti merdeka belaja. Selain itu juga saya di tuntut untuk bisa berkontribusi penuh kedepannya di sektor pendidikan yang menurutnya dapat melatih rasa tanggung jawab. Harapan Hikam semoga advokasi yang dia bawa dapat dikenal oleh masyarakat secara meluas, karena dia merasa bahwa ini merupakan langkah awal tindakan preventif untuk sektor pendidikan, terutama dalam permasalahan korupsi yang ada di jawa timur atau bahkan indonesia. Dan tentunya dapat sebagai bahan edukasi untuk kita semua agar lebih sadar soal bahaya dan kerugian yang di sebabkan dari tindak pidana korupsi.

Diakhir sesi ia berpesan  kepada teman-teman semoga kita semua tidak pernah patah semangat dalam meraih prestasi meski dalam masa pandemi, selain itu juga mari bersama berkontribusi dalam mengoptimalisasi program pemerintah di sektor pendidikan agar pendidikan di jawa timur menjadi lebih baik tuturnya. (fikriakbar)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *