Mahasiswa Vokasi Universitas Brawijaya Berhasil Meraih Penghargaan Pada Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022

Pandemi tidak menghalangi mahasiswa untuk tetap berprestasi. Pada Sabtu, 5 Februari 2022 kedua tim mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya meraih penghargaan gold medal dan silver medal pada kompetisi berskala internasional yaitu Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022. AISEEF merupakan perlombaan internasional kreativitas di bidang sains, lingkungan, dan inovasi kewirausahaan dan berada dalam naungan IYSA (Indonesian Young Scientist Association) merupakan sebuah lembaga yang memfasilitasi pelajar Indonesia untuk dapat mengembangkan potensi dibidang keilmuan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Kompetisi yang diadakan oleh Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang secara daring (zoom meeting) dan diikuti oleh 20 negara ini membuka pendaftaran pada tanggal 16 Januari 2022. Berawal dari hal tersebut kedua tim mulai mempersiapkan dan mendaftarkan diri pada ajang kompetisi bergengsi tersebut. Dengan melewati beberapa tahap perlombaan mulai dari pengumpulan abstrak, pengumpulan full paper, hingga tahap presentasi di depan para juri yang akhirnya mengantarkan mereka sebagai pemenang pada kompetisi tersebut.

Saat diwawancarai secara online melalui whatsapp, Mochammad Fawwaz Islami ketua tim dengan karya yang berjudul “KATALIS” mengatakan, “Persiapan kompetisi yang kami hadapi dilakukan setiap hari menyesuaikan kesibukan masing-masing dengan latihan membenarkan presentasi, latihan speaking, latihan kira-kira tanya jawab apa yang akan diberikan oleh juri nantinya”. Eksa Nur Setiya Ramdani selaku tim dengan karya yang berjudul “the VACATION” menambahkan, “Persiapan pertama kita siapkan ide terlebih dahulu. Kita mencari topik yang ramai dibincangkan dan menemukan permasalahan pada limbah PT. Greenfields di Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Ketika ide sudah terkonsep, kami konsulkan ke dosen pembimbing dan beliau menyarankan untuk observasi langsung di tempat. Setelah mendapatkan data, kami langsung eksekusi paper dan juga melakukan konsultasi kembali. Setelah mendapatkan LoA (Letter of Acceptance), kami langsung membuat jadwal untuk latihan presentasi setiap malam pukul 20.00 WIB. Durasi waktu disesuaikan dengan yang sebenarnya, yaitu tujuh menit presentasi dan delapan menit sesi tanya jawab. Selain itu, kami juga saling melemparkan pertanyaan dan jawaban agar nantinya lebih lancar dalam menjawab pertanyaan tersebut”.

Kedua tim tersebut mengucap syukur dan bangga karena dapat memenangkan kompetisi tersebut. Rasa haru dan senang mereka rasakan karena perjuangan kedua tim membuahkan hasil. Mereka berharap semoga semakin banyak  mahasiswa Fakultas Vokasi yang mengikuti dan memenangkan penghargaan dalam ajang kompetisi.

Berikut daftar nama dan karya kedua tim :

Peraih Gold Medal dengan judul karya The “VACATION” (Observation, Education, Adventure, Implementation, Marketing) Program Innovative Solutions to Eradicate Unemployment Problems Affected by Covid-19.

  1. M. Khanif Tontowi (Ketua tim) (Administrasi Hukum 2019)
  2. Fara Diba WIdi Priantini (Business English 2019)
  3. Fian Ira Anggraeni (Perpustakaan dan Arsip 2019)
  4. Eka Nur Setiya Ramdani (Perpustakaan dan Arsip 2020)
  5. Farhan I’zaaz Septiansyah (Manajemen Perhotelan 2019)

Peraih Silver Medal dengan judul karya KATALIS : IoT-Integrated Automatic Urine Evaluation Catheter for ICU Patient in Hospital

  1. Mochammad Fawwaz Islami (Ketua tim) (Fakultas Vokasi 2019)
  2. Indira Swastika (Fakultas Kedokteran 2019)
  3. Maghfira Rahma Azizah (Fakultas Kedokteran 2019)
  4. Shafina R Zein (Fakultas Teknik 2019) 

Leave a Comment

English Web