Selamat Datang di Website Resmi
Program Studi Manajemen Perhotelan
Selamat Datang di Website Resmi
Program Studi Manajemen Perhotelan
Previous slide
Next slide

Profil

Program studi Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi memiliki visi menjadi penyelenggara program Sarjana Terapan di bidang pariwisata dan perhotelan yang unggul dan bersaing secara global. Hal ini sejalan dan selaras dengan visi dari Fakultas Vokasi UB, yang mengedepankan lulusan yang memiliki jiwa pancasila karakter wirausaha dan berdaya saing internasional. Aktualisasi dari nilai-nilai Pancasila diwujudkan dalam kurikulum serta proses pemebelajaran, yaitu dalam mata kuliah wajib Kewarganegaraan dan Pancasila yang wajib untuk ditempuh oleh mahasiswa. Proses pembelajaran berbasis project dan studi kasus juga dirancang untuk dapat menacapai tujuan ini. Sementara itu, untuk membangun atmosfir akademik yang dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri mahasiswa, Program studi menetapkan mata kuliah yang relevan dengan tujuan ini, yaitu mata kuliah wajib untuk kewirausahaan. Selain itu, program studi melalui unit Badan Inkubasi Kewirausahaan (BIK), juga memfasilitasi mahasiswa untuk dapat mengembangkan keterampilan wirausaha melalui program hibah mahasiswa, inkubasi, serta pendampingan usaha. Lebih jauh, mahasiswa akhir MP yang memiliki usaha juga dapat memperoleh opsi untuk dapat direkognisi usahanya sebagai project final untuk syarat kelulusan Tugas Akhir. Keungggulan program studi MP pada FV menspesialisasikan pada pengembangan ilmu manajerial untuk industri perhotelan dan pariwisata. Reputasi lulusan yang berdaya saing global dengan expertise di bidang manajemen ini diharapkan dapat menjadi keunikan yang dimiliki PS MP

Visi

Visi Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Perhotelan adalah “Menjadi Penyelenggara Program Sarjana Terapan di Bidang Pengelolaan Perhotelan Yang Unggul dan Bersaing Secara Global"

Misi

Tujuan

Program Studi Manajemen Perhotelan bertujuan menghasilkan lulusan dengan kualifikasi sebagai berikut:

Dosen

Untuk mengetahui Dosen program studi klik di sini

Video Profil

Kurikulum

Detail Pedoman Akademik Fakultas Vokasi dan Dokumen Kurikulum Sarjana Terapan Manajemen Perhotelan dapat diunduh pada link di bawah ini: 

Pedoman Akadmik

Fakultas Vokasi UB

Dokumen Kurilum

Sarjana Terapan Manajemen Perhotelan

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Detail RPS Sarjana Terapan Manajemen Perhotelan adalah sebagai berikut: 

Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS RPS
MPK60001
Agama Islam
2
MPK60002
Agama Katolik
2
MPK60003
Agama Protestan
2
MPK60004
Agama Hindu
2
MPK60005
Agama Budha
2
MPK60006
Kewarganegaraan
2
VOK60007
Dasar Teknologi Informasi
3
VMH60002
Pengantar Manajemen
2
VMH60004
Pengetahuan Lintas Budaya
2
VMH60001
Etiket dan Courtesy
2
VMH60003
Pengantar Pariwisata dan Akomodasi
3
VMH60005
Psikologi Pelayanan Hotel
2
Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS RPS
MPK60007
Bahasa Indonesia
2
VMH60010
Pemasaran Hotel
3
VMH60007
Ekonomi Pariwisata
2
VMH60009
Pemahaman Perilaku Wisatawan
2
MPK60008
Pancasila
2
UBU60004
Bahasa Inggris
2
VMH60006
Bahasa Asing Pilihan I
2
VMH60023
Manajemen e-Bisnis Hotel
2
VMH60008
Manajemen SDM dan Supervisi Hotel
3
Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS RPS
VMH60018
Manajemen Strategi Hotel
3
VMH60013
Bahasa Asing Pilihan II
2
VMH60014
Bahasa Inggris Profesi Hotel I
2
VMH60024
Manajemen Konflik di Hotel
2
VMH60012
Akuntasi Hotel
3
VMH60026
Perencanaan Pembangunan Hotel
3
VMH60016
Manajemen Hotel dan Spa
3
VMH60017
Manajemen Pelayanan Berkualitas
2
Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS RPS
VMH60025
Metodologi Penelitian Terapan
3
VMH60011
Statistik Terapan
3
UBU60003
Kewirausahaan
2
VMH60015
Hukum Ketenagakerjaan
2
VMH60021
Hukum Bisnis Pariwisata dan Akomodasi
2
VMH60022
Komunikasi Profesi Hotel
2
VMH60020
Bahasa Inggris Profesi Hotel II
2
VMH60033
Sistem Informasi Hotel
2
VMH60019
Bahasa Asing Pilihan III
2
Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS RPS
VMH60034
Studi Kelayakan Bisnis Hotel
3
VMH60031
Manajemen Resiko Hotel
2
VMH60032
Pengendalian Biaya Hotel
2
VMH60030
Manajemen Proyek Hotel
2
VMH60029
Manajemen Konvensi dan Event
3
VMA60011
Perencanaan Pemasaran Hotel
3
VMH60027
Bahasa Inggris Profesi Hotel III
3
UBU60005
Pengabdian Kepada Masyarakat
4
-
Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS RPS
VMA60003
Pengelolaan Kasir dan Kantor Depan
3
VMA60002
Pengelolaan Dapur dan Restoran
3
VMA60005
Pengelolaan Peralatan dan Fasilitas Hotel
3
VMA60006
Pengelolaan Tata Graha dan Laundry
3
VMH60028
Hygiene, Sanitasi dan Keselamatan Kerja
2
UBU60009
MB Softskill 1/Keterampilan Manajerial dan Komunikasi
3
Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS RPS
VMA60008
Operasional Kantor Depan
3
VMA60007
Operasional Bangket dan Pertemuan
3
VMA60009
Operasional Restoran dan Dapur
3
VMA60012
Perencanaan SDM dan Administrasi Hotel
3
VMK60002
Mixiologi dan Barista
3
VME60005
Perencanaan dan Pengelolaan Konvensi dan Event
3
UBU60010
MB Softskill 2/Kreativitas dan Inovasi
2
Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Pedoman TA
UBU60001
Tugas Akhir/Skripsi
6

Kompetensi Dosen

Dosen Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Perhotelan telah tersertifikasi secara kompetensi sebagai berikut : 

No. Dosen Sertifikasi Sertifikat
1.
M. Kholid Mawardi
Certified Professional Marketer (ASIA)
2.
Hamidah Nayati Utami
Asesor BKD (Mendikbudristek)
3.
Unti Ludigdo
Register Negara Akuntan (Kemeneu RI)
4.
Ananda Sabil Hussein
Pelatihan Penyegaran Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Angkatan XXIX
Certified Marketing Analyst (AAPM)
5.
Iwan Permadi
Asesor BKD (Mendikbudristek)
6.
Dini Kurnia Irmawati
Front Office (Receptionist) (BNSP)
7.
Deasy Chrisnia Natalia
Assessor of Competency (BNSP)
Workplace Assessor Training
Digital Marketing (BNSP)
Front Office (Receptionist) (BNSP)
Waiter (BNSP)
Housekeeping (Room Attendant) (BNSP)
8.
Mufarrohah
Auditor Internal Mutu Perguruan Tinggi
Front Office, Front Office Supervisor, Head Waiter, Floor Supersivor Training Program
Front Office (Receptionist) (BNSP)
Assessor of Competency (BNSP)
Front Office (Receptionist) (BNSP)
Housekeeping (Room Attendant) (BNSP)
9.
Rugeri Fadhilhalim
Floor Supervisor (BNSP)
Front Office (Receptionist) (BNSP)
10.
Erlangga Setyawan
Front Office (Receptionist) (BNSP)
11.
Andira Dwi Wiranugraha
Front Office (Receptionist) (BNSP)
12.
Muhammad Ziauddin Ulya
Human Resource Management (BNSP)
Floor Supervisor (BNSP)
Waiter (BNSP)
13.
Pramadika Ramanda
Front Office (Receptionist) (BNSP)
Floor Supervisor (BNSP)
14.
Raditha Dwi Vata Hapsari
Manpower Marketing for Sales Strategy (BNSP)
Assessor of Competency (BNSP)
15.
Gunawan Eko Nurtjahjono
Skema Okupasi Public Relations Officer (BNSP)
16.
Yusri Abdillah
Certified Professional Marketer (Asia)
17.
Yusri Abdillah
The Actualization of UMKM Marketing (BNSP)
Skema Okupasi Public Relations Officer (BNSP)
18.
I Dewa Made Widia
Querying Microsoft SQL Server 2014 (TRUST)
19.
Tri Mega Asri
Public Relations Coordinator (BNSP)
Administrative Secretary (BNSP)
Digital Marketing (BNSP)
Service Excellent (BNSP)
20.
Sovia Rosalin
Service Excellent (BNSP)
Digital Marketing (BNSP)
21.
San Rudiyanto
Front Office (Receptionist) (BNSP)
Akuntansi Pemerintahan (AAP)
Certified Risk Professional (BNSP)
22.
Amelia Ika Pertiwi
Certified Risk Associate (BNSP)
Certified Risk Professional (BNSP)

Kompetensi Mahasiswa

Mahasiswa program studi ini harus memiliki minimal 2 jenis sertifikat kompetensi. Sertifikasi kompetensi yang diadakan oleh LSP dan dapat diikuti oleh mahasiswa pada program studi ini yaitu:

  • a. Sertifikasi kompetensi front office
  • b. Sertifikasi kompetensi housekeeping
  • c. Sertifikasi kompetensi FB service
  • d. Sertifikasi kompetensi FB product
  • e. Sertifikasi kompetensi konvensi
  • f. Sertifikasi kompetensi spa/terapist
  • g. Atau sertifikasi lain yang diakui oleh asosiasi/profesi baik nasional maupun internasional

Laboratorium Perhotelan dan Kuliner

Laboratorium Perhotelan Dan Kuliner merupakan salah satu laboratorium yang dimiliki oleh Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya. Laboratorium ini diresmikan pada tahun 2022 bersamaan dengan peresmian Gedung Fakultas Vokasi Kampus Dieng. Dengan diresmikannya Laboratorium Perhotelan Dan Kuliner ini maka akan dapat meningkatkan armosfir akademik yang sama dengan dalam industri perhotelan dan kuliner.

Laboratorium Perhotelan Dan Kuliner ini merupakan wadah dalam mengembangkan pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan mahasiswa sebelum terjun langsung ke dunia industri. Laboratorium ini juga diproyeksikan sebagai tempat uji kompetensi dengan skema Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi (BNSP). Selain itu dengan adanya Laboratorium Perhotelan Dan Kuliner ini maka dapat membuka kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain kamar hotel tipe standard, tipe deluxe 1, dan tipe deluxe 2, front office yang didukung dengan tersedianya aplikasi management perhotelan, minibar,  outdoor café, ruang meeting yang dilengkapi dengan fasilitas Smart TV, AC, serta peralatan lain yang mendukung terciptanya atmosfir industri.

Mitra Tingkat Dokumen
Kun Shan University, Taiwan
Internasional
Shenzhen Polytechnic
Internasional
Chiang Mai Rajabhat University, Thailand
Internasional
Universiti Sains Malaysia
Internasional
Rajamangala University of Technology Srivijaya, Thailand
Internasional
University of Karabuk - Turkey
Internasional
Management and Science University, Malaysia
Internasional
Universiti Utara Malaysia
Internasional
Capiz State University, Philippines
Internasional
Universite Polytechnique Hauts-de-France, UPHF
Internasional
No. Nama Dosen Karya Dokumen
1.
Dr.rer.pol. Romy Hermawan, S.Sos., MAP
Merupakan bagian dari Pelaksanaan Program DOKAR tahun 2021
2.
Prof. Dr. Drs. M. Saifi,M.Si
Buku dengan judul "Studi Kelayakan Proyek Bisnis" adalah sebuah panduan atau sumber informasi yang menyelidiki dan menjelaskan proses evaluasi dan analisis yang diperlukan untuk menilai potensi keberhasilan dan kelayakan sebuah proyek bisnis.
3.
Prof. Dr. Unti Ludigdo, SE.,M.Si.,Ak
Membuat rancangan dan karya teknologi yang dipatenkan atau seni yang terdaftar di HaKI secara Internasional/Nasional dan digunakan pada UMKM/masyarakatUMKM
4.
Prof. Ananda Sabil Hussein, SE.,M.Com.,Ph.D
BisCo adalah Inovasi Platform Digital Yang Solutif Dalam Rangka Pemanfaatan Potensi Kerja Sama Antara Mitra Dan Organisasi Mahasiswa
5.
Sovia Rosalin, SAB., MAB
NAKULA SADEWA ROCKETO BOX Tourism Information Centre adalah pusat informasi pariwisata yang bertujuan untuk menyediakan informasi dan layanan kepada wisatawan, baik yang datang dari dalam negeri maupun dari luar negeri.
Meja Storage Mainan Anak Dengan Teknik Puzzle Sebagai Penutup Top Table

Prestasi Mahasiswa Bidang Akademik

Kegiatan Tahun Keterangan Dokumen
Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022
2022
Gold Medal
Youth International Scientist Fair (YISF)
2022
Gold Medal
Youth National Science Fair (YNSF) 2022
2022
Gold Medal
FMI International Competition 2022
2022
Juara 1
PEKSIMA UB 2022
2022
Juara 1

1. Teaching collaboration

Hotel Management lecturers and students are engaged in teaching and learning collaboration with Capiz State University Philippines and Politeknik Sabah Malaysia. Here is the attachment file

2. Internationally Recognized Alumni

Farhan Izzaz Septyansyah - Marriot International

Zilmi Fitri Prabarani Pusparatri - Qatar Airways

3. International Foreign Lecture (In collaboration with UiTM Malaysia)

4. IISMAVO Awardee

5. International community service

Collaboration with University of Stratchcylde, United Kingdom

Pengumuman

 

Ketua Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Perhotelan
DR. DINI KURNIA IRMAWATI, S.PD., M.PD
(0812-3122-0790) 

Berita Terbaru

Program Studi Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya Raih Akreditasi Unggul!

8 Juni 2024 – Kabar gembira datang dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya, dimana program studi Manajemen Perhotelan baru saja meraih predikat Unggul  dalam akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prestasi ini merupakan hasil kerja keras civitas akademika program studi dalam meningkatkan kualitas Pendidikan dan layanan kepada mahasiswa. Akreditasi ini menunjukkan

Read More »
Fakultas Vokasi UB dalam Pameran Polinema 2024

KANAL24, Malang – Fakultas Vokasi UB menampilkan berbagai karya dan prestasi untuk menarik calon mahasiswa baru dalam pameran pendidikan yang berlangsung di kampus Polinema Malang, Senin (20/5/2-2024). Dalam pameran yang berlangsung dari tanggal 20-22 Mei 2024 ini, Fakultas Vokasi UB juga memanfaatkannya sebagai sarana sosiasliasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024.

Read More »
Perkuat Kolaborasi Internasional, FV UB dan UiTM Teken MoU Strategis

Shah Alam & Kedah, Malaysia – 26 Mei 2024  – Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Vokasi memperkuat kolaborasi internasional dengan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama Universiti Teknologi Mara (UiTM) di dua lokasi: Kedah Branch dan Institute Business of Excellence (IBE) di Shah Alam Branch. Kunjungan ini berlangsung dari tanggal 24

Read More »
Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya Memperkuat Kerjasama dengan Industri-Industri China dalam Business Matching 2024

Malang, 25 April 2024 – Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya dengan bangga mengumumkan hasil yang sangat positif dari acara Business Matching “2024 China-Indonesia Education-Industri Talk” yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dit. Mitras DUDI) bekerja sama dengan Go Study China

Read More »

Galeri

Praktisi Mengajar Bersama Grand Mercure Malang Mirama

Praktisi Mengajar Bersama The Singhasari Malang

Praktikum Bersama Aria Hotel Malang

Education Partners Gathering Bersama JW Marriot Surabaya

Praktikum Prosedur Pelayanan Restorant

Views: 0

English Web