Melalui IISMA, mahasiswa Universitas Brawijaya magang di Coventry University dan Mercedes-Benz

Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya penerima beasiswa Indonesian International Mobility Awards edisi Vokasi (IISMAVO) berkesempatan untuk magang di Mercedes Benz Parts Logistic UK di Inggris. Ia adalah Roihan Abdulloh mahasiswa program studi D-3 Teknologi Informasi.

Roihan merupakan salah satu awardee IISMAVO di Coventry University dengan skema Industrial Experience Program yang berarti terlibat langsung dalam proyek-proyek industri. Ketika mengerjakan proyek, ia juga didampingi oleh mentor ahli dari Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz Parts Logistic UK Limited berperan dalam mengelola distribusi dan logistik semua suku cadang di United Kingdom. Kegiatan magang dilakukan di bawah bimbingan Prof. Benny Tjahjono, Professor of Sustainability and Supply Chain Management, Centre for Business in Society (CBiS), sebuah research centre unggulan di Coventry University dan selaku penanggung jawab program IISMAVO di kampus tersebut.

Selama magang di Mercedes-Benz Roihan juga bekerja sama dengan awardee IISMAVO lainnya. Mereka mengerjakan 2 proyek yaitu Warehouse Safety dan Data Visualization. Luaran dari kedua proyek tersebut adalah untuk meningkatkan produktivitas, keamanan, dan efisiensi di gudang.

“Para awardee melakukan observasi dan membantu memberikan solusi untuk permasalahan keselamatan kerja di gudang Mercedes-Benz Parts Logistic di Milton Keynes” tutur Roihan. Perusahaan membutuhkan pandangan dan ide baru awardee terkait keselamatan kerja di gudang. Fokus keselamatan kerja yang Mercedes-Benz tuju adalah keamanan para pekerja dari mesin-mesin yang beroperasi di gudang. Beberapa solusi yang diambil untuk mengatasi hal itu adalah pembaruan line marking, pemasangan sensor, dan traffic light.

Sedangkan pada proyek Data Visualization, para awardee membantu perusahaan untuk memperkenalkan perangkat lunak baru kepada staff mereka. Metode yang mereka gunakan sebelumnya relatif kurang efisien, mengingat tidak sedikit data kegiatan di gudang yang harus diolah. Data-data tersebut harus segera dilaporkan kepada manajer tiap departemen agar dapat digunakan untuk bahan evaluasi dan menentukan langkah ke depannya. Apabila proses tersebut tidak efisien, maka akan berimbas ke kegiatan gudang lainnya. “Software baru ini dapat mengantikan metode sebelumnya yang kurang efisien, sehingga tiap waktu di gudang dapat termanfaatkan dengan baik” tambah Roihan.

Selain magang, Roihan juga kagum dengan lingkungan kerja di Mercedes Benz Parts Logistic UK. “Para pekerja di sini sangat professional, membedakan waktu ketika bekerja dengan kegiatan di luar kantor” ungkap Roihan. Tidak hanya professional, mereka juga kerap kali memberikan motivasi dan membantu ketika para awardee menemukan kesulitan.

Kegiatan lain yang dilakukan selama program IISMAVO di antara lain belajar bersama mahasiswa internasional di kelas serta kunjungan ke industri-industri besar seperti Morgan Motor Company, Jaguar Land Rover, Brompton Bicycle, Mini, JCB Tractors, Manchester City Football Club, dan Triumph Motorcycles.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ︽
Scroll to Top