Mengangkat Tema “Artarona Buddhaya Nusantara” Himpunan Mahasiswa DKV Fakultas Vokasi UB Kembali Gelar Acara Pameran Madfest 2022

Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB) kembali gelar acara pameran Madfest 2022 secara offline setelah tahun lalu diselenggarakan secara online. Gelaran seni ini berlangsung selama dua hari dibuka sejak tanggal 13 November dan berakhir 14 November 2022. Malang Art and Design Festival (Madfest) tahun ini diselenggarakan tepatnya di Dewan Kesenian Malang, Klojen, Kota Malang.

Tujuan utama pameran ini berlangsung, yaitu sebagai wadah atau ruang bagi mahasiswa untuk unjuk gigi karya murni mereka khususnya mahasiswa program studi DKV Universitas Brawijaya.

“Yang terlibat dalam acara pemeran ini sesuai dengan peruntukannya yaitu unjuk gigi murni anak DKV Universitas Brawijaya. Jadi, karya-karya yang dipajangkan ini merupakan hasil dari tugas ataupun projek selama berkuliah di UB” ujar Faiq Mubarok, ketua pelaksana Madfest ketika diwawancarai team reporter PSIK, Minggu (13/11/2022).

Madfest sendiri merupakan event tahunan yang termasuk event penting bagi mahasiswa prodi DKV. Namun, event ini sempat berhenti di tahun 2020 ketika pandemi Covid-19 hingga pada tahun 2021 digelar secara online.

Mengusung tema “Artarona Buddhaya Nusantara” Madfest 2022 kali ini memamerkan sejumlah karya seni yang berkaitan dengan berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Kita mengangkat tema budaya di Indonesia yang ada berbagai macam, jadi karya karya yang ada disini, yang ada kaitanya dengan budaya lebih kita angkat, tapi juga untuk pemanis-pemanis karya yang lain ada karya-karya yang umum” ungkap wakil ketua pelaksana Muhammad Wahyu Mandala.

Wahyu juga mengatakan yang mengikuti atau berpartisipasi dalam karya yang dipamerkan tidak hanya mahasiswa aktif dari prodi DKV, melainkan alumni juga ikut serta memamerkan karya mereka.

“Dalam pengumpulan karya yang mau dipamerkan, kita menggunakan sistemnya itu open submission karya. Jadi, kami share di setiap Angkatan. Ada yang submit dari Angkatan 19, 20, 21 dari alumni juga ada” ujar Wahyu.

Wahyu Kembali menjelaskan karena ini merupakan event tahunan yang ditunggu-tunggu dari mahasiswa DKV, ia berharap supaya event ini dapat menjadi penyemangat dan dapat menjadi momen yang tepat untuk lebih solid dari mahasiswa DKV.

Di sisi lain , Faiq juga menyampaikan harapan bagi event Madfest kedepannya.

 

“semoga kedepannya pameran ini dapat dilaksanakan dengan persiapan yang lebih matang lagi dan pameran kali ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk berkarya dan mengadakan event yang jauh lebih baik lagi” tegasnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ︽
Scroll to Top