Optimalisasi Manajemen Pelayanan Melalui Aplikasi Sistem Informasi Kepuasan Pasien (Sikap) Pada PT Endah Manunggal Persada

Sabtu 15 Juni 2024, para dosen Fakultas Vokasi, Universitas Brawijaya melakukan FGD bersama para Karyawan dan Dokter di Klinik Dokter Praktik 24 Jam di Desa Sumbermanjing Kulon Kec. Pagak Kabupaten Malang. Klinik ini merupakan salah satu anak Perusahaan dari PT Endah Manunggal Persada.  Kegiaran ini merupakan Langkah konkrit bentuk realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

Kegiatan FGD ini dilaksanakan pada pukul 09.00 sampai 12.00 WIB dan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama bertema “Pengenalan atas Aplikasi Sistem Informasi Kepuasan Pasien (SIKAP) kepada manajemen dari Klinik Dokter 24 Jam“ dan sesi kedua bertema “Praktik Pengaplikasian Aplikasi Sistem Informasi Kepuasan Pasien (SIKAP)” bagi bagian administrasi, perawat, dan dokter di Klinik tersebut. Dimana pelaksanaan FGD ini dihadiri para dosen dan juga dihadiri pihak manajemen klinik yang bertanggung jawab terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien terutama Masyarakat di Desa Sumbermanjing.

Pada sesi pertama terdapat pemaparan materi “Pengenalan atas Aplikasi Sistem Informasi Kepuasan Pasien (SIKAP) kepada manajemen dari Klinik Dokter 24 Jam” yang disampaikan oleh Amelia Ika Pratiwi, SE.,Ak.,MSA.,CA dan  Dr. Purweni Widhianningrum, SE., MM., MSA., Ak., CSRA, dan dilanjutkan dengan diskusi, dimana dari pihak manajemen Klinik menyampaikan kendala dan tantangan dalam mengaplikasikan SIKAP nantinya kepada para pasien. Pada sesi kedua“Praktik Pengaplikasian Aplikasi Sistem Informasi Kepuasan Pasien (SIKAP)” dilaksanakan oleh tim IT kami yaitu Subairi, ST.,MT kepada bagian Administrasi, Perawat dan Dokter di Klinik. Kemudian, kegiatan terakhir yaitu Evaluasi yang dilakukan oleh Ibu Anisya Sukmawati, SE.,Ak.,MSA.,CA.,CPA sebagai bentuk laporan kepada pihak manajemen Klinik.

 

Tentunya setelah pelaksanaan FGD ini, pihak manajemen mampu mengimplementasikan SIKAP ini sebagai strategi peningkatan kualitas pelayanan kepada Pasien di Desa Sumbermanjing dan juga sebagai dasar evaluasi kinerja karyawan dan Dokter yang praktek di klinik terserbu. Tim pengabdian sendiri memiliki komitmen untuk memberikan pendampingan sacara berkala demi terwujudnya optimalisasi Manajemen Pelayanan Melalui Aplikasi Sistem Informasi Kepuasan Pasien (Sikap) Pada PT Endah Manunggal Persada khususnya di Klinik Dokter Praktik 24 Jam di Desa Sumbermanjing Kulon Kec. Pagak Kabupaten Malang.

Views: 0

English Web