Pemanfaatan Teknologi AI Untuk Meningkatkan Kualitas Penulisan Publikasi Internasional

photo bersama

Malang, 4 Juli 2024 – Dekan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya Bapak Muhammad Kholid Mawardi, S.Sos., M.A.B., Ph.D mengadakan acara kuliah tamu khusus bagi Dosen Fakultas Vokasi yang telah diundang untuk mengikuti pembahasan materi tentang “pemanfaatan teknologi AI untuk meningkatkan kualitas penulisan publikasi internasional” yang dilaksanakan di Ruang Sidang Lantai 4 Gedung Vokasi Jalan Veteran No. 12-16 Kota Malang. Acara dimulai dari pukul 08.30 hingga 13.00, pada kesempatan kali ini Fakultas Vokasi mengundang Dr. Shankar Karuppayah dari Universiti Sains Malaysia sebagai dosen tamu pengisi materi dengan judul presentasi “How to work literature and write Scientific Material”. Adapun dosen fakultas vokasi yang menjadi partisipan dalam acara kali ini adalah Dosen departemen Industri kreatif dan digital serta dosen bisnis dan hospitality.

Dalam sesi pembuka, Bapak Dekan Fakultas Vokasi menyampaikan tujuan diadakannya kuliah tamu ini adalah untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenai penggunaan AI sebagai partner dan berperan membantu mencari second idea bagi para dosen dalam membuat sebuah jurnal study publikasi. Harapan setelah acara selesai adalah study atau research yang dilakukan oleh para Dosen Fakultas Vokasi dapat diselesaikan lebih cepat serta bagaimana AI dapat melakukan peran sebagai pembantu atau partner.

Inti acara diawali dengan Dr. Shankar memberi gambaran outline materi yang akan disampaikan kepada dosen partisipan kuliah tamu. Adapun outline pada materi yang dijelaskan Dr. Shankar, seperti :

  • Whats Scientific Publication,
  • Finding Good References,
  • Constructing the Literature Review,
  • Peer Review,
  • Role AI in Scientific Research,
  • Tips to Choosing Good Journal / Conferences,
  • AI Tools for Paper Review

Selain pada Outline diatas, di dalam materi beliau juga menyampaikan manfaat penggunaan AI untuk membuat jurnal publikasi, lalu apa saja faktor yang menjadi tantangan dan pertimbangan dalam penggunaan teknologi pintar ini. Terakhir beliau juga menyampaikan trend dalam penggunaan AI yang pastinya akan dikembangkan dengan mengikuti kemajuan teknologi yang kemungkinan akan muncul di masa mendatang.

Views: 0

English Web