Pengabdian Masyarakat, Vokasi UB Gelar Sosialisasi dan Serah Terima Aplikasi Bank Sampah Berbasis Website di Desa Sengguruh

MALANG – Dosen Program Studi D-IV Desain Grafis Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB) mengadakan pengabdian masyarakat di Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang pada Rabu, 27 September 2023. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa Sosialisasi dan Serah Terima Aplikasi Bank Sampah Berbasis Website untuk Desa Sengguruh.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh berbagai elemen, termasuk Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Dr. Ivanovich Agusta, S.P., M.Si.; Perwakilan dari Kecamatan Kepanjen, Yusuf Antoni; General Manager PLN Nusantara Power, Rahmad; perangkat desa; serta Ketua Departemen Industri Kreatif dan Digital Vokasi UB, Ir. I Dewa Made Widia, MT.

Kepala Desa Sengguruh, Jamburi dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat yang menjadikan Desa Sengguruh sebagai tempat untuk melaksanakan pengabdian masyarakat. “Semoga apa yang dikerjakan dapat bermanfaat untuk masyarakat Desa Sengguruh dan kerjasama dengan LPM Vokasi UB dapat terus dilaksanakan”, ujarnya. 

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Vokasi UB, Titi Ayu Pawestri, ST., MT., dengan penuh semangat dan antusias, mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat Desa Sengguruh akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang pengelolaan bank sampah secara digital. “Aplikasi Bank Sampah dapat bermanfaat dan mempermudah masyarakat Desa Sengguruh untuk mengelola bank sampah secara digital”, tambahnya

Perwakilan Tim IT, Fariz Fahmi Faturachmad yang hadir memberikan materi menjelaskan rincian lengkap tentang aplikasi bank sampah berbasis website yang mereka kembangkan. “Aplikasi bank sampah berbasis website bertujuan untuk digitalisasi pada suatu sistem pengelolaan bank sampah di Desa Sengguruh. Aplikasi ini juga memiliki sistem automatis kalkulasi untuk mempermudah dan mempercepat perhitungan pendapatan nasabah.” ungkapnya. “Aplikasi ini nantinya akan diterapkan oleh pengelola Bank Sampah Ki Ageng Sengguruh dengan tujuan memudahkan proses penghitungan tabungan nasabah”, tambahnya.

Salah satu peserta, Waluyo Achadi menuturkan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi aplikasi bank sampah berbasis website ini. “Aplikasi bank sampah nantinya akan sangat membantu warga Desa Sengguruh dalam mengelola sampah secara lebih efisien, sekaligus mendorong partisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan”, ujarnya.

English Web