PENGUMUMAN
Nomor : 6551/UN10.A01/PP/2021
REGISTRASI MAHASISWA LAMA UNIVERSITAS BRAWIJAYA
SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2021/2022
PROGRAM DIPLOMA (VOKASI), SARJANA, DAN PASCASARJANA
Diumumkan kepada seluruh mahasiswa Universitas Brawijaya untuk melakukan registrasi semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 dengan ketentuan sebagai berikut:
I. Registrasi Administrasi
- Tata cara pembayaran
- Mahasiswa menggunakan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) sebagai kode pembayaran UKT/SPP di semua kanal pembayaran pada bank yang ditunjuk. Proses pembayaran dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu transfer atau menggunakan nomor rekening tertentu.
- Pembayaran UKT/SPP dapat dilakukan melalui bank berikut: BANK MANDIRI, BNI, BRI, BTN, BSI (Ex-MANDIRI SYARIAH). Khusus untuk program Vokasi, selain bank tersebut di atas juga bisa dibayarkan melalui BCA. Tata cara pembayaran: https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/
- Tidak melayani pembayaran di luar bank yang telah ditentukan.
- Daftar ulang diluar jadwal tidak dilayani.
- Jadwal registrasi administrasi/pembayaran
Tanggal pembayaran: 2 Agustus s/d 12 Agustus 2021 - Syarat-syarat:
- Bagi mahasiswa yang semester sebelumnya cuti kuliah dapat langsung melakukan pembayaran UKT/SPP di bank yang ditunjuk.
- Bagi mahasiswa dengan status tidak terdaftar, blokir atau evaluasi studi pada semester sebelumnya, harus mengajukan surat aktif kuliah kembali kepada Rektor yang disetujui oleh Fakultas (Wakil Dekan I) disertai dengan form pernyataan mampu melanjutkan studi sesuai ketentuan yang berlaku.
II. Registrasi Akademik
- Tata cara registrasi akademik
- Mahasiswa login pada aplikasi SIAM (https://siam.ub.ac.id)
- Mahasiswa melakukan pemutakhiran biodata. Mahasiswa WAJIB mengisi data alamat asal dan alamat di Malang (jika ada) sesuai dengan alamat yang sebenarnya. Pastikan nomor handphone yang dapat dihubungi adalah nomor yang benar dan aktif (Dapat menerima Paket Data). Mohon di pastikan juga kebenaran Nomor Induk Kependudukan (NIK). Informasi yang tidak benar akan mengakibatkan Anda tidak mendapatkan informasi penting yang dikirimkan pada alamat maupun nomor handphone Anda.
- Mahasiswa melakukan pengisian KRS sesuai ketentuan.
- Informasi pelaksanaan pemrograman KRS untuk program Pascasarjana mengikuti pengumuman jadwal yang dikeluarkan oleh Fakultas/Program penyelenggara Pascasarjana
- Jadwal registrasi akademik
Tanggal registrasi: 2 Agustus s/d 13 Agustus 2021
III. Sanksi Bila Tidak Melakukan Registrasi
- Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi administrasi pada semester Ganjil T.A. 2021/2022 dinyatakan tidak terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya dan tidak diperkenankan melakukan kegiatan akademik dan kemahasiswaan pada semester tersebut.
- Bagi Mahasiswa yang telah melakukan registrasi administrasi (pembayaran SPP/UKT) tetapi ternyata secara akademik tidak memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studinya, maka biaya SPP yang dibayarkan pada semester Ganjil T.A. 2021/2022 akan dikembalikan.
- Mahasiswa yang terlambat atau tidak melaksanakan registrasi administrasi disarankan segera mengajukan permohonan cuti akademik secara online melalui aplikasi SIAM (http://www.siam.ub.ac.id) kepada Rektor, selambat-lambatnya pada tanggal 12 September 2021.
- Mahasiswa yang tidak terdaftar lebih dari 2 (dua) semester kumulatif dan berturut-turut, dinyatakan Gagal Studi (Drop Out).
IV. Lain-lain
- Pengajuan Cuti secara online dapat dilakukan mulai pada tanggal 2 Agustus s/d 12 September 2021, jika disetujui akan dibebaskan dari pembayaran SPP/UKT.
- Permohonan cuti akademik yang diajukan setelah batas akhir pengajuan cuti akademik atau setelah tanggal 12 September 2021 akan ditolak, tetap diwajibkan membayar SPP/UKT, dan disarankan untuk segera mengajukan permohonan Terminal Kuliah.
- Pembayaran SPP/UKT hanya merupakan bukti telah terdaftar sebagai mahasiswa dan dinyatakan Aktif jika telah melakukan registrasi akademik (Pengisian KRS).
- Mahasiswa yang telah menempuh Tugas Akhir (Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi) tetapi belum selesai, tetap diwajibkan melakukan registrasi akademik (Pengisian KRS).
- Pelaksanaan registrasi akademik (pengisian KRS) diatur oleh Fakultas/Program masing-masing.
- Tidak ada perpanjangan masa registrasi.
- Kuliah Semester Ganjil T.A. 2021/2022 dimulai tanggal 23 Agustus – 17 Desember 2021.
- Calon mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembayaran Biaya Pendidikan Proporsional (UKT) dapat mengajukan bantuan keuangan sesuai jadwal berikut:
KegiatanJadwalPengajuan Bantuan Keuangan19 – 28 Juli 2021 pukul 15.00 WIBVerifikasi BEM28 Juli – 30 Juli 2021Verifikasi Fakultas31 Juli – 3 Agustus 2021Pengumuman4 Agustus 2021Tata Cara Pengajuan Bantuan Keuangan adalah sebagai berikut:- Mengakses laman https://bantuankeuangan.ub.ac.id untuk informasi jadwal dan panduan aplikasi pengajuan.
- Mengisi form pengajuan bantuan keuangan dengan lengkap dan jujur.
- Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan secara online dibidang Akademik dan keuangan melalui HALO SELMA (https://haloselma.ub.ac.id).
a.n. Rektor
Wakil Rektor I,
Prof. Dr.drh. Aulanni`am, DES.