Penjajakan Kerja Sama Internasional dengan Kyusu University dan Tokyo University of Technology

Menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri terus diinisiasi secara berkesinambungan oleh Program Studi D-IV Desain Grafis Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya. Sebagai langkah nyata untuk memperluas kerja sama internasional, Sekretaris Departemen Industri Kreatif dan Digital, Titi Ayu Pawestri, ST.MT., bersama Ketua Program Studi D-IV Desain Grafis, Mohammad Arief Nazaruddin, S.Sn., M.Ds., dan Dosen D-IV Desain Grafis, Wuri Cahya Handaru, S.ST., M.Ds., melakukan kunjungan dan penjajakan kerja sama ke Kyushu University dan Tokyo University of Technology.

Hari pertama, Selasa (31/10), perwakilan dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya melaksanakan kegiatan kunjungan ke Kyushu University Faculty of Design. Perwakilan dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya disambut dengan hangat oleh Prof. Taketoshi Ushiama dan International Officer. Dalam suasana penuh antusias, pertemuan dimulai dengan pembahasan mengenai pengenalan dari masing-masing universitas. Prof. Taketoshi Ushiama menyoroti secara khusus keunggulan yang dimiliki oleh fakultas. Dari hasil pembahasan, diketahui juga bahwa Kyushu University memegang posisi yang sangat baik dalam ranah global, tercatat berada di peringkat 164 dunia versi QS World University Ranking. Ketua Program Studi D-IV Desain Grafis, Mohammad Arief Nazaruddin, S.Sn., M.Ds., memaparkan tentang kurikulum yang diterapkan di Fakultas Vokasi UB, metode pembelajaran yang inovatif, serta program magang yang telah terintegrasi dalam program studi. Kedua belah pihak memiliki kesempatan untuk menjelajahi potensi kerja sama bidang akademik serta proyek-proyek riset yang bersifat inovatif.

 

Selain membahas kerja sama, momen kunjungan ini juga memberikan kesempatan bagi perwakilan dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya untuk melihat secara langsung karya-karya mahasiswa Kyushu University. Melalui interaksi ini, diharapkan dapat terjalin inspirasi dan pemahaman yang lebih mendalam tentang kreativitas dan prestasi mahasiswa dalam dunia desain grafis. 

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan vandel dan merchandise Topeng Malangan.

Hari kedua, Kamis (02/11), Dosen D-IV Desain Grafis Universitas Brawijaya melakukan pembahasan kerja sama dan diskusi MoA dengan Tokyo University of Technology Faculty of Design. Kedatangan perwakilan dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya disambut dengan penuh hangat oleh Dekan Faculty of Design Tokyo University of Technology, Prof. Koichi Sakao, Tomonori Hayase, Ph.D., serta International Officer. Prof Koichi Sakao menyambut dengan baik kerja sama dari Vokasi UB yang nantinya dituangkan dalam bentuk Memorandum of Agreement (MoA). Dalam diskusi tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan salah satunya yaitu joint exhibition berskala internasional. Tidak hanya itu, Dosen D-IV Desain Grafis juga berkesempatan untuk memperkenalkan inovasi kreatif yang telah dihasilkan, yakni Heroic Card Game.

Kunjungan ke Faculty of Design Tokyo University of Technology diakhiri dengan penyerahan vandel dan Topeng Malangan.

Pada Jumat (03/11), rangkaian kegiatan penjajakan kerja sama diakhiri dengan kunjungan ke Faculty of Media Science Tokyo University of Technology. Prof. Takashi Ohta dan Prof. Kondo Kunio, sebagai perwakilan dari fakultas tersebut, menyambut dengan hangat perwakilan dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya. Mohammad Arief Nazaruddin, S.Sn., M.Ds., selaku Ketua Program Studi D-IV Desain Grafis, menyampaikan tujuan kunjungan ini, yang salah satunya adalah membahas kerja sama melalui joint exhibition berskala internasional. Dalam kesempatan tersebut, Titi Ayu Pawestri, ST., MT., selaku Sekretaris Departemen Industri Kreatif dan Digital Vokasi UB, mengungkapkan harapannya, “Diharapkan dengan adanya diskusi kerja sama ini, apa yang telah direncanakan dapat berjalan lancar dan membawa dampak positif bagi kedua universitas.” 

Kunjungan dan penjajakan ke Faculty of Media Science Tokyo University of Technology diakhiri dengan penyerahan vandel dan Topeng Malangan.

English Web