Perkuat Kolaborasi Internasional, FV UB dan UiTM Teken MoU Strategis

Shah Alam & Kedah, Malaysia – 26 Mei 2024  – Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Vokasi memperkuat kolaborasi internasional dengan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama Universiti Teknologi Mara (UiTM) di dua lokasi: Kedah Branch dan Institute Business of Excellence (IBE) di Shah Alam Branch. Kunjungan ini berlangsung dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024.

Delegasi dari Fakultas Vokasi UB yang terdiri dari M. Kholid Mawardi, Ph.D (Dekan Fakultas Vokasi UB), Sovia Rosalin (Sekretaris Departemen Hospitality Fakultas Vokasi UB), dan Andira (International Relations Office Fakultas Vokasi UB) bertemu dengan perwakilan dari UiTM untuk membahas berbagai inisiatif strategis yang akan dilakukan.

Institute Business of Excellence (IBE) di Universiti Teknologi MARA (UiTM) adalah pusat keunggulan yang menyediakan layanan konsultasi, pelatihan, dan penelitian, dengan fokus pada bidang ritel dan berbagai industri melalui empat unit khusus. Kerjasama yang dijalin antara UB dan IBE bertujuan untuk meningkatkan kualitas riset dan jejaring industri melalui beberapa inisiatif utama:

1. **Kolaborasi Riset dan Jejaring Industri:** Penandatanganan MoU mencakup upaya kolaboratif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas riset yang relevan dengan kebutuhan industri serta memperluas jejaring industri di kedua negara.

2. **Pertukaran Pelajar (Program Inbound & Outbound):** Program pertukaran pelajar dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari kedua institusi untuk belajar dan mendapatkan pengalaman di lingkungan akademis yang berbeda, memperkaya wawasan dan kompetensi mereka.

3. **Pertukaran Dosen dan Staf Tendik:** Inisiatif ini memungkinkan dosen dan staf tenaga kependidikan untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan, memperkuat kapabilitas akademik dan administratif kedua institusi.

4. **Teaching Collaboration:** Kolaborasi pengajaran ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum bersama, mengadakan seminar, workshop, dan kegiatan akademik lainnya yang bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen dari kedua institusi.

Kunjungan ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat hubungan bilateral antara UB dan UiTM, serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan riset di kedua institusi. “Kami sangat antusias dengan kerjasama ini. Melalui inisiatif-inisiatif yang telah disepakati, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan akademis dan profesional mahasiswa serta staf kami,” ungkap M. Kholid Mawardi, Ph.D.

Dengan adanya MoU ini, UB dan UiTM berkomitmen untuk terus mendorong inovasi dan kolaborasi yang dapat membawa manfaat nyata bagi mahasiswa, dosen, dan industri terkait. Kegiatan ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang dan memperkuat posisi kedua institusi di kancah pendidikan tinggi internasional.

 

Views: 0

English Web