PRESS RELEASE PROJECT BASED LEARNING STUDIO DESAIN 3 DI BATU LOVE GARDEN (BALOGA) DKV & DI

Kota Batu, 02 Oktober 2024 – Mahasiswa semester 5 dan dosen program studi Sarjana Terapan Desain Grafis melakukan kunjungan ke Batu Love Garden (BALOGA), mahasiswa Desain Grafis DKV dan Desain Interior dalam rangka melakukan eksplorasi kreatif yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa program studi Sarjana Terapan Desain Grafis. 

Mata kuliah Studio Desain 3 merupakan jembatan antara teori dan praktik yang menerapkan konsep desain yang lebih kompleks, pengembangan kreatif, serta implementasi proyek desain secara nyata. Dalam kunjungan yang berlangsung pada tanggal 2 Oktober 2024, mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan eksplorasi kreatif di lingkungan BALOGA yang penuh warna, flora unik, dan berbagai instalasi seni visual. Eksplorasi ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi baru bagi mahasiswa dalam menciptakan karya seni berbasis alam serta memanfaatkan keindahan visual dari lanskap BALOGA. Kunjungan ini juga menjadi sarana pembelajaran praktis di luar ruang kelas untuk merangsang daya imajinasi dan kreativitas.

Dalam Mata Kuliah ini mahasiswa DKV akan membuat Board game dan card game berbasis AR yang membuka kemungkinan baru dalam pengalaman bermain, menggabungkan kreativitas dan teknologi untuk menghasilkan permainan yang lebih interaktif dan menarik. Dengan potensi yang luas, jenis permainan ini dapat menjadi pilihan menarik bagi para pengembang dan pemain di era digital ini.

Dalam Tugas Mata Kuliah Studio Desain 3, board game atau card game terbaik yang dihasilkan akan memiliki kesempatan untuk menjadi merchandise eksklusif dari Baloga. Game ini akan dipilih berdasarkan kreativitas, inovasi dalam desain, serta kemampuan untuk menciptakan pengalaman bermain yang menarik dan unik. Dengan memadukan elemen permainan strategis yang menantang, desain visual yang memikat, dan konsep yang relevan dengan brand Baloga, game ini akan memiliki potensi besar untuk menarik minat pasar luas. Sebagai merchandise, board game atau card game ini tidak hanya akan berfungsi sebagai sarana hiburan, tetapi juga menjadi simbol keunggulan dalam desain dan kreativitas mahasiswa, mencerminkan kualitas dan dedikasi yang diinvestasikan dalam pengembangannya. Merchandise ini akan memberikan nilai tambah bagi Baloga, sekaligus memberikan kesempatan bagi karya mahasiswa untuk dikenal lebih luas di dunia industri kreatif.

Sedangkan Desain Interior dapat memainkan peran penting dalam menciptakan ruang publik tematik di Baloga yang tidak hanya fungsional tetapi juga estetis dan menarik secara visual, sehingga mampu meningkatkan daya tarik tempat tersebut sebagai destinasi sosial. Dengan penekanan pada konsep ruang yang mengedepankan estetika modern dan elemen tematik yang kuat, desain ini dapat menciptakan suasana unik yang selaras dengan identitas brand Baloga. Selain itu, pemilihan material, pencahayaan, serta tata letak yang inovatif dapat menjadikan ruang publik tersebut lebih “instagrammable,” atau layak dibagikan di media sosial, yang pada akhirnya akan memperluas daya tarik visual Baloga dan menarik lebih banyak pengunjung. Keindahan ruang tematik ini tidak hanya akan meningkatkan pengalaman pengunjung, tetapi juga memperkuat kesan positif terhadap Baloga sebagai tempat yang menggabungkan seni, desain, dan rekreasi dengan sangat apik.

 

English Web
Scroll to Top