Program D-III Administrasi Bisnis Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya Melaksanakan Kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi

Program Studi D-III Admisnitrasi Bisnis melaksanakan kegiatan Akreditasi pada tanggal 15-16 Juli 2022 di gedung Fakultas Vokasi Veteran Lantai 4 dan 5 yang diselenggarakan oleh BAN-PT. Akreditasi merupakan kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk menjamin mutu secara eksternal baik dibidang akademik maupun non-akademik. Kegiatan Akreditasi dibuka oleh Rektor Universitas Brawijaya sekaligus memberikan sambutan. Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, Dekan Fakultas Vokasi, Tim Jaminan Mutu Fakultas dan Depatemen, serta dipandu oleh dua asesor dari BAN-PT yaitu, Dr. Neneng Miskiya, SE., M.Si. dan Dr. Reni Shinta Dewi.

Pada hari pertama kegiatan asesmen dilakukan dengan menampilkan video dari Program Studi D-III Administrasi Bisnis berupa pengenalan singkat mengenai Program Studi D-III Administrasi Bisnis, Fakultas Vokasi, dan Fakultas Ilmu Administrasi serta menampilkan sarana prasarana yang dapat dinikmati oleh seluruh mahasiswa Program Studi D-III Administrasi Bisnis. Acara selanjutnya dilakukan wawancara oleh asesor dengan Pimpinan Unit Pengelolaan Program Studi terkait rencana pengembangan Unit Pengelolaan Program Studi (UPPS), wawancara dengan Pelaksanan Penjaminan Mutu internal terkait dengan pelaksanaan hasil dan efektivitas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), wawancara dengan Tim Akreditasi terkait dengan data dan informasi dalam Laporan Evaluasi diri (LED), wawancara dengan Manajer UPPS terkait aspek dengan pelaksanaan penilaian perguruan tinggi pada lingkup akademik dan pengelolaan sumber daya, dan sesi terakhir pada hari pertama adalah wawancara dengan Mitra dan pengguna terkait keterlibatan, harapan, dan kepuasan serta masukan dari eksternal terkait pengelolaan program studi.

       Tidak jauh berbeda dengan hari pertama, pada hari kedua terdapat wawancara oleh asesor dari BAN-PT dengan dosen-dosen terkait dengan kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan dosen. Sesi Selanjutnya dilakukan wawancara dengan tenaga kependidikan terkait dengan kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan kependidikan terhadap Program Studi D-III Administrasi Bisnis. Selain dari dosen dan tenaga kependidikan, asesor BAN-PT melakukan wawancara dengan mahasiswa tekait dengan layanan dan kepuasan mahasiswa.

       Selain menjaga mutu kualitas secara internal melalui Gugus Jaminan Mutu Fakultas dan Departemen, Program Studi D-III Administrasi Bisnis secara eksternal melakukan Kegiatan Akreditasi untuk menjamin mutu kualitas lulusan secara eksternal baik dibidang akademik maupun non akademik dalam mejadikan lulusan D-III Admisnitrasi Bisnis sebagai lulusan yang berkualitas tinggi.

      Ibu Sovia Rosalin, S.Kom, S.AB., M.AB selaku Ketua Program Studi D-III Administrasi Bisnis Periode 2018-2021 berharap, Program Studi D-III  Administrasi Bisnis menghasilkan tenaga Ahli Madya Administrasi Bisnis kreatif yang memiliki pengetahuan, keterampilan, kompetensi serta keahlian dalam bidang administrasi  di sektor bisnis kreatif dengan memberikan pelayanan secara prima sehingga dapat mencetak tenaga tenaga yang mahir, terampil, kompetitif, dan dapat bersaing di era pasar global serta memiliki kemampuan dalam teknologi infomasi komunikasi serta memiliki sikap kerja yang profesional dengan motto “be agile be professional and be resilience”. Diharapkan D-III Administrasi Bisnis dapat menghasilkan sumber daya yang cerdas, kreatif, inovatif dan adaptif di era pasar global.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Translate ︽
Scroll to Top