Program Seratus Desa Wisata (SADEWA), Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek Menggandeng Fakultas Vokasi UB

   Bertepatan pada hari Senin tanggal 10 Januari 2023, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek melakukan kunjungan silaturahmi ke Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya. Agenda kunjungan tersebut adalah untuk menindaklanjuti kerjasama kegiatan Dosen Berkarya serta sebagai upaya menciptakan sinergi dalam pencapaian program Seratus Dewa Wisata (SADEWA) di Kabupaten Trenggalek. Prof Unti Ludigdo sebagai Dekan Fakultas Vokasi, menyambut hangat kedatangan rombongan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 11 orang tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Fakultas Vokasi akan mendukung program SADEWA dengan melibatkan kolaborasi antara berbagai program studi baik dari Manajemen Perhotelan, Administrasi Bisnis, Keuangan dan Perbankan, Desain Grafis maupun Teknologi Informasi.

   Drs. Sunyoto selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, sangat berharap kerja sama dengan Perguruan Tinggi khususnya Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya dapat terjalin dan terlaksana khususnya dalam mendukung tercapainya pengembangan Trenggalek SADEWA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa potensi pariwisata di Kabupaten Trenggalek sangat tinggi, salah satu desa yaitu Desa Pandean berhasil menyabet 2 kategori anugerah East Java Tourism Award 2022.

    Bapak Tony Widianto selaku Kepala Bidang Peningkatan Daya Tarik Destinasi Pariwisata menyampaikan bahwa konsep pengembangan SADEWA adalah dilaksanakan secara bertahap dari tahun 2021 hingga 2024 berdasarkan RPJMD 2021-2026, penyusunan perda desa wisata, penyusunan grand design pengembangan SADEWA, dilaksanakan secara bertahap, membentuk tim pendampingan desa wisata lingkup DISPARBUD, pembentukan tim pendamping, kerja sama dengan East Java Ecotourism, pelibatan seluruh OPD yang mengampu binaan 1 desa wisata, pemilihan desa wisata terbaik, pencanangan program GERBANG SADEWA, serta penyelenggaraan event di desa wisata.

   Sementara itu, ketua Departemen Bisnis dan Hospitality San Rudiyanto menyampaikan bahwa kerja sama antara kedua belah pihak diharapkan dapat saling meningkatkan kinerja masing-masing dan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan sumber daya manusia dan kelembagaan desa wisata, penguatan ekosistem usaha pariwisata serta penguatan konsep sustainalibity tourism di Kabupaten Trenggalek dan dapat disinergikan melalui program program di Perguruan Tinggi misalnya Matching Fund, Dosen Berkarya, Penelitian, Pengabdian, Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa magang melalui program MBKM, M2D, dan kegiatan lain yang berpotensi dapat memberikan sinergi yang saling menguntungkan.

Leave a Comment

English Web