logo vokasi

Program Studi Administrasi Bisnis

PROFIL PROGRAM STUDI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Status ProdiAktif
Perguruan TinggiUniversitas Brawijaya
Kode Program Studi
(sesuai PDDikti)
63412
Nama Program Studi
(sesuai PDDikti)
Bahasa Indonesia : Administrasi Bisnis
Bahasa Inggris : Business Administration
JenjangDiploma 3 ( Ahli Madya )
AkreditasiB
SK Akreditasi1805/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/V/2019
Tanggal Kadaluarsa28 Mei 2024
Tanggal BerdiriTahun 1979
SK PenyelenggaraKeputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI
Nomor. 052/DJ/KEP/1982
Tanggal SK17 November 1982
Rasio Dosen Mahasiswa 2017/20181 : 161.00
Rasio Dosen Mahasiswa 2018/20191 : 219.60
AlamatJalan.Veteran 12-16 Malang
Kode Pos65144
Telepon(0341) 553240
Faximile(0341) 553248
d3sekretari@ub.ac.id
Websitevokasi.ub.ac.id
DeskripsiProgram Studi Administrasi Bisnis menghasilkan tenaga Ahli Madya Administrasi Bisnis yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, kompetensi dan keahlian dalam bidang administrasi di sektor bisnis dengan memberikan pelayanan secara prima dan dapat mencetak tenaga-tenaga yang mahir, terampil, kompetitif dan dapat bersaing di era pasar global dan memiliki etika moral yang tinggi yang didukung kemampuan teknologi informasi, komunikasi serta memiliki sikap kerja yang professional.
VisiMenjadi penyelenggara pendidikan vokasi dibidang administrasi bisnis yang bermutu, unggul dan diakui oleh masyarakat di tingkat Nasional serta mampu menghasilkan lulusan yang cerdas, kreatif, memiliki kompetensi di bidang administrasi bisnis yang profesional, dan mampu memanfaatkan ipteks pada tahun 2024.
Misi– Menyelenggarakan pendidikan untuk menumbuh-kembangkan kepercayaan diri peserta didik menjadi insan cerdas, kreatif, kompetitif sehingga tercapai kompetensi dalam Program Studi Administrasi Bisnis

– Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan karya ilmiah dan hasilnya disebarluaskan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang administrasi bisnis

– Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan ilmu dan pengetahuan di bidang administrasi bisnis

– Menyelenggarakan manajemen program studi dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, proses dan pengawasan secara terus-menerus dan berkesinambungan
Pendidikan Sebelumnya :
– SMA/MA IPA
– SMA/MA IPS
– SMA/MA Bahasa
– SMK/MAK* : Administrasi Perkantoran, Sekretaris, Sosial
*) Harus dijabarkan untuk jurusan SMK/MAK yang diperbolehkan
contoh : SMK/MAK TKJ, SMK/MAK Tenik Elektronika, SMK/MAK Farmasi, SMK/MAK Administrasi Perkantoran, dsb.
– Diploma Empat/Sarjana Terapan
– Sarjana
– Sarjana Terapan
– Magister
– Magister Terapan
– Profesi
– Spesialis 1

Buta Warna :
– Tidak ada syarat dan ketentuan

Disabilitas :
– Tuna Rungu
– Tuna Wicara
– Tuna Daksa
– Tuna Netra
SeleksiSMPV
Pengembangan karier / kompetensi lulusan – Staff Administrator : mampu melaksanakan kegiatan di lingkup perkantoran sebagai administrator di sektor bisnis baik bidang pajak, perbankan, dan akuntansi.

– Senior Administrative Assistant : Asisten Ahli Madya yang mampu menjadi asisten manager kantor dalam melaksanakan kegiatan merencanakan, melaksanakan, mengatur, dan mengawasi kegiatan kantor;

– Sekretaris : Asisten Ahli Madya mampu melaksanakan kegiatan kantor baik yang clarical maupun yang non clarical

– Wirausahawan : memiliki kemampuan teknis keahlian, jiwa dan etika berwirausaha dan berbisnis.

– Selain itu dapat bekerja sebagai Customer Service Officer, Public Relation Officer, Office Supervisor, Sekretaris Profesional, Arsiparis, Pengelola Informasi dan Dokumen.

Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan posisi administrative professional, meliputi communication skills (listening, speaking and writing), human relation skills, decision making skills, technology skills, dan life-long learning skills.
Waktu PendidikanDitempuh minimal 3 Tahun atau setara minimal 108 sks dan maksimal 5 Tahun.
Gelar LulusanBahasa Indonesia : A.Md. AB
Capaian PembelajaranSIKAP DAN TATA NILAI

– Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
– Menjunjung tinggi moral, loyalitas, integritas, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan;
– Berperan aktif sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
– Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
– Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dalam bertindak dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan;
– Menjadi insan yang cerdas, kreatif, inovatif dan adaptif serta dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan origianal orang lain;
– Menjunjung tinggi tata nilai penegakan hukum negara dan agama serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi serta kelompok/golongan.
– Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
– Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

PENGUASAAN PENGETAHUAN
– Menguasai konsep dan dapat menerapkan keadministrasian yang didukung oleh teknologi informasi terkini untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di kantor;
– Menguasai konsep dan dapat menerapkan pengelolaan dan administrator di sektor bisnis untuk menyelesaikan masalah perkantoran berstandar internasional;
– Menguasai konsep dan dapat menerapkan prinsip perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dalam fungsi operasional bisnis dan dapat mengoptimasi dengan dukungan teknologi informasi terkini
– Menguasai konsep dan prinsip pengambilan keputusan secara tepat berdasarkan data dan informasi dalam memilih berbagai alternatif penyelesaikan baik secara mandiri maupun berkelompok;
– Menguasai konsep dan prinsip perencanaan, pelaksanaan, dan mengendalian kantor menunju pengelolaan bisnis yang berbasis teknologi informasi;
– Menguasai pengetahuan tentang strategi berkomunikasi bisnis dan perkantoran dengan dukungan media aplikasi-aplikasi terbaru;
– Menguasai dan dapat menerapkan pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru yang dapat mendukung dalam pengelolaan kantor;
– Dapat melaksanakan sistem dan prosedur dalam suatu operasional kantor dalam mendukung pengelolaan kantor modern.

KETERAMPILAN UMUM

– Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan bisnis serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang administrasi bisnis;
– Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur bidang administrasi dan bisnis di perkantoran;
– Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada administrasi bisnis yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bisnis dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain bisnis , produksi dan pemasaaran
– Mampu menyusun hasil kajian administrasi dan bisnis dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
– Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur standar,spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pelaksanaan bisnis skala UMKM
– Melakukan supervisi dan evaluasi pada pelaksanaan administrasi dan bisnis
– Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya
– Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan bisnis yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
– Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

KETERAMPILAN KHUSUS
– Menguasai konsep teoritis tentang prinsip bidang administrasi dan bisnis berbasis teknologi informasi.
– Menguasai konsep teoritis dalam penyelesaian masalah dalam bidang administrasi dan bisnis.
– Mampu merancang dan mingimplementasikan sistem informasi bisnis.
– Mampu merancang keuangan bisnis dan mengukur kinerja keuangan.
– Mampu menggunakan model-model metode perancangan bisnis
Dosen home base dan kepakaran– Dr.Dra. Zahroh, M.Si Kepakaran Akuntansi dan Administrasi Bisnis
– Dr. Fransisca Yaningwati, M.AB Kepakaran Statistika dan Pemasaran
– Dr. Dwi Admanto, M.AB Kepakaran Akuntansi dan Administrasi Bisnis
– Sovia Rosalin, S.AP.,M.AB Kepakaran Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Kearsipan
– Susilowati, S.Sos.,M.AB Kepakaran Kebijakan Bisnis dan Administrasi Bisnis
– Tri Mega Asri, S.Sos.,M.I.Kom Kepakaran Komunikasi Bisnis