logo vokasi

Program Studi D4 Desain Grafis

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN DESAIN GRAFIS

Visi

Menjadi pelaksana pendidikan berbasis kompetensi, pusat penelitian terapan, dan pengabdian masyarakat di bidang Desain Grafis yang mampu memanfaatkan IPTEKS dengan mengangkat lokalitas sebagai usaha dalam pengembangan desain berkelanjutan yang akan bersaing di tingkat Asia Tenggara pada tahun 2020.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan di bidang Desain Grafis yang aplikatif sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri kreatif.
  2. Menghasilkan lulusan yang berbudi luhur, cerdas, kreatif, inovatif yang berjiwa konstruktif dan solutif dengan pemanfaatan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dengan berorientasi pada karya desain yang berkelanjutan.
  3. Menggali dan mengembangkan nilai-nilai lokal sebagai unsur yang tidak terpisahkan dalam pengembangan kreatifitas karya desain grafis yang berciri khas Indonesia.
  4. Melaksanakan kerjasama di dalam dan luar negeri melalui kegiatan pendidikan (magang, pelatihan, kuliah tamu), penelitian, dan pengabdian masyarakat agar peserta didik mampu berdaya saing di tingkat Asia Tenggara.
  5. Menghasilkan sumber daya manusia dengan jiwa entrepreneurship yang mampu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

 

Tujuan Umum:

Menyiapkan peserta didik menjadi desainer dan anggota masyarakat yang memiliki kemampuan dan kompetensi dalam menerapkan mengembangkan dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian, serta menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaannya, dalam rangka untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkuat nilai lokalitas Indonesia. Dengan demikian, kompetensi lulusannya diharapkan menjadi pribadi yang berkualitas, berbudi luhur, bertaqwa kepada Tuhan YME, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, disiplin dan etos kerja, bersikap dan berperilaku profesional, serta mampu bersaing di tingkat Asia Tenggara.

 

Tujuan Khusus:

Menghasilkan sarjana terapan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Berkemampuan dalam pengembangan diri dan penerapan metode baru serta dapat mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni khususnya bidang Desain Grafis (Periklanan, Perancangan Identitas Visual, Sinematografi, Multimedia, Audio Visual, Animasi, Ilustrasi, 3D artist dan Fotografi) untuk memprediksikan langkah selanjutnya agar mencapai masa depan yang lebih baik.
  2. Mampu mengaplikasikan keilmuan dalam bidang Desain Grafis kepada masyarakat dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) sebagai salah satu sub sektor dalam pengembangan Ekonomi Kreatif yang menitikberatkan pada peningkatan taraf hidup masyarakat.
  3. Mampu menghasilkan karya desain yang kreatif, inovatif, yang berbasis lokalitas Indonesia dengan penjaminan mutu sesuai standar industri kreatif nasional dan internasional.
  4. Mampu berpikir secara konstruktif dalam rangka berperan aktif membangun bangsa.
  5. Mampu menganalisa permasalahan dan memberikan solusi secara tepat guna.
  6. Mampu mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni guna mengaplikasikannya pada desain yang berkelanjutan.