Selamat Datang Era Baru Vokasi UB

Assalamu’alaikum wr.wb.

Sekira pukul 15.00 WIB pada Selasa/21 Desember 2022, Senat Akademik Universitas Brawijaya (SAUB) menyetujui usulan didirikannya Fakultas Vokasi yang sebelumnya disampaikan oleh Rektor atas proposal yang telah disusun oleh  Pimpinan Pendidikan Vokasi. Persetujuan ini selanjutnya ditetapkan dalam Peraturan Rektor No. 93 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unsur Yang Berada Di Bawah Rektor bertanggal 28 Desember 2021.

Ini merupakan proses panjang untuk meneguhkan jati diri Pendidikan vokasional di UB. Ikhtiar ini dilakukan sejak dikeluarkannya Peraturan Rektor No. 246A/SK/2009 tertanggal 24 Juni 2009 sebagai upaya penyatuan berbagai program studi vokasional di UB yang tersebar pada berbagai fakultas. Melalui rasionalisasi jumlah program studi Diploma 3 (Ahli Madya) dengan menyisakan 3 program studi dan menambah 2 program studi Sarjana Terapan, upaya menguatkan keberadaan program vokasional terus dilakukan secara sinambung oleh Pimpinan Program Pendidikan Vokasi sejak era Prof. Dr. Ir. M. Munir sampai era Dr. Darmawan Octo. Upaya ini kemudian dituntaskan pada setahun kepemimpinan Prof. Dr. Unti Ludigdo, Ak. CA. untuk menjadikan Pendidikan Vokasi sebagai unit kerja akademik mandiri dalam bentuk Fakultas.

Fakultas adalah himpunan sumber daya pendukung yang menyelenggarakan dan mengelola pendidikan akademik, pendidikan vokasi, dan/atau pendidikan profesi dalam 1 (satu) rumpun disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam konteks ini, rumpun ilmu dan teknologi yang tercakup dalam penyelenggaraan Fakultas Vokasi adalah rumpun ilmu dan teknologi terapan. Ini selaras dengan karakter Pendidikan Vokasi yang menyiapkan mahasiswanya untuk menguasai keahlian terapan berbasiskan ilmu terapan dan teknologi yang siap diimplementasikan di DUDI dan masyarakat pada umumnya. Dengan ini Fakultas Vokasi melengkapi potensi besar UB sebagai universitas yang berkomitmen pada pencapaian kesejahteraan masyarakat.

Dengan menjadi unit kerja akademik mandiri, tantangan Pendidikan Vokasi menjadi lebih besar. Visi besarnya yang berkarakter kewirausahaan, unggul dan bereputasi internasional di bidang ekonomi kreatif dan bisnis menjadikannya harus bersiap lebih matang untuk menyuasanakan iklim yang kondusif untuk mewujudkannya. Ekosistem kewirausahaan sangat penting diwujudkan dari mind-set semua komponen fakultas sampai pada keseluruhan proses akademik di dalam dan di luar kelas. Demikian pula kegiatan-kegiatan kemahasiswaan perlu diorientasikan pada penguatan karakter kewirausahaan sebaik peningkatan berbagai prestasi di bidang industri kreatif dan bidang minat lainnya. Peningkatan kualitas akademik juga menjadi agenda mendesak untuk mewujudkan visi dalam reputasi unggulnya pada level internasional. Penguatan kompetensi profesional para dosen juga harus diikuti peningkatan kualifikasi akademiknya sehingga tercapai kualifikasi akademik doktor dan jenjang jabatan akademik Lektor ke atas.

Bagaimanapun, transformasi menjadi fakultas ini tidak lepas dari upaya keras berbagai pihak. Untuk itu apresiasi dan terima kasih layak dihaturkan kepada Rektor, Wakil Rektor, Para Pimpinan Fakultas dan Lembaga di lingkungan UB, para anggota SAUB, serta semua unsur pimpinan, Dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Vokasi UB. Rasa hormat dan terima kasih juga dihaturkan kepada Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek dan Pimpinan Fakultas/Sekolah/Program Vokasi lainnya di Indonesia yang turut memberikan dukungan atas transformasi ini.

Selamat untuk semua keluarga besar Fakultas Vokasi, khususnya para sivitas akademika, atas perubahan besar dalam status unit kerjanya. Semoga rahmat Allah Yang Maha Kuasa ini dapat bermanfaat besar untuk kemaslahatan dan semoga pula Allah ridho atas semuanya.

Selamat  menyambut tahun baru 2022 dengan semangat baru bersama Fakultas Vokasi dalam PTN-BH Universitas Brawijaya, bismillah.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Prof. Dr. Unti Ludigdo, Ak., CA.

Dekan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya

Translate ︽
Scroll to Top