Soft Launching Vocafe Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya

Bapak Dekan Fakultas Vokasi dan Bapak Rektor foto bersama dalam peresmian Vocafe

   Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya menggelar soft launching Vocafe yang bertempat di lantai dua gedung Vokasi Kampus UB Dieng pada Senin (20/2/2023). Acara soft launching tersebut diresmikan secara langsung oleh Rektor UB, Prof Widodo dan dihadiri oleh Prof Dr. Unti Ludigdo serta seluruh dekan dan pimpinan UB. Vocafe sendiri merupakan kerjasama antara Fakultas Vokasi UB dengan UB Coffee yang berada dibawah naungan Badan Usaha Non Akademik (BUNA).

    Rektor UB Prof Widodo mengatakan bahwa Vocafe bisa menjadi wadah praktik secara nyata dalam menuangkan berbagai inovasi dari para mahasiswa serta merupakan bentuk nyata dari inovasi dan pengembangan bisnis di dalam UB. “Bisa melalui inovasi di bidang manajemen, marketing hingga inovasi produk dapat tertuang disini. Harapannya tentu bukan hanya sekedar jualan, tapi mengembangkan berbagai inovasi itu,” ujar Prof Widodo, Senin (20/2/2023). Ke depan, ia berpesan agar perlu berkolaborasi dengan banyak pihak, termasuk swasta dan para alumni UB sendiri. Dengan banyaknya para ahli di UB ini, Prof Widodo yakin UB Coffee dan Vocafe bisa terus berkembang tak hanya di wilayah kampus saja.

     Dalam sambutannya, Prof Dr. Unti Ludigdo, S.E., M.Si., Ak, mengatakan keberadaan Vocafe ini merupakan bagian dari Vocafe Teaching Factory yang terdiri dari tiga lini yaitu Smart Cafe, Smart Product dan Smart Branding. “Vocafe yang diresmikan hari ini merupakan salah satu sarana pendukung Vocafe Teaching Factory untuk mendukung pendidikan dan pengembangan produk mahasiswa Vokasi UB,” ujar Prof Unti. Vocafe merupakan pintu pertama yang dimiliki oleh Fakultas Vokasi untuk memasarkan produk dan hasil karya mahasiswa Vokasi UB. Dengan penataan cafe yang kekinian, Vocafe menjadi tempat yang nyaman sebagai etalase bagi promosi hasil karya mahasiswa Vokasi UB.

   Dengan dukungan manajemen operasional dari UB Coffee, Vocafe saat ini menawarkan berbagai menu minuman dan makanan yang disukai mahasiswa dengan harga yang terjangkau. General Manager UB Coffee, Santoso Purnomo mengatakan bahwa seluruh karyawan Vocafe merupakan mahasiswa dari Fakultas Vokasi UB. “Jadi, bisa menjadi ladang praktik mulai dari manajemen perhotelan, marketing, Sumber Daya Manusia hingga layanannya. Mereka praktik disini juga dibayar. Kita rekrut secara casual dengan gaji harian sekitar Rp 80.000,-” ujar Santoso. Dengan makan dan minum dengan harga kisaran Rp 10 ribu hingga 30 ribu saja pengunjung sudah bisa menikmati sajian sambil ngopi di gedung Fakultas Vokasi lantai 2 di kawasan UB Dieng. Sehingga, besar harapan pimpinan UB bahwa Vocafe kedepannya bisa berkembang lebih baik di tangan para mahasiswanya

Leave a Comment

English Web