Langkah-Langkah Mengurus Pendaftaran Yudisium

Langkah 1

Setelah dinyatakan Lulus pada saat sidang Tugas Akhir/Skripsi, Anda harus segera mengurus revisi ke penguji dan pembimbing. Setelah mendapatkan tandatangan Form 7 dan Form 8 untuk D3 dan form B8 dan B9 untuk D4. Semua Form Download di Link ini , Setelah mendapatkan tandatangan, Anda dapat melanjutkan ke proses pendaftaran Yudisium.

Untuk D4 Langsung ke Langkah 3 -> Langkah 4 -> Langkah 5 ->  Langkah 2 -> Selesai

Untuk D3 ke Langkah 2 -> Langkah 3 ->  Langkah 4 ->Langkah 5 -> Selesai

Langkah 2
Isi Formulir Pendaftaran Yudisium melalui Gform

Isi Formulir Pendaftaran Yudisium melalui Gform berikut :

*Pendaftaran Yudisium Semester Ganjil TA 2023/2024
https://s.ub.ac.id/pendaftaranyudisium2023ganjil

*Perhatikan tahun ajaran (TA). Pastikan sesuai dengan semester Anda saat ini. Pastikan selalu update Alamat link gform sesuai semester berjalan.

Untuk mengisi gform ini, Anda akan dimintai mengupload Form 11. Sehingga Anda harus mengurus pengisian form 11 sebagai berikut :

Tampilan Form 11

Perhatikan : untuk mengisi gform pada langkah 2, Anda hanya diminta mengisi bagian no 1, 4, dan 5 pada form 11 diatas. Semua Form Download di Link ini

Untuk TTD/CAP/STEMPEL point no.1, Anda harus menemui petugas di Lt.1 Vokasi Veteran (temui Bapak Sandi di ruang akademik sebelah kanan)

point no.4 dan no.5 , Anda harus mengurus di Perpustakaan UB Pusat.

untuk isian nomer 11 diatas,  untuk mahasiswa D3 upload form 8 (FORM 8 – Lembar Judul Tugas Akhir) 

Langkah 3 
Meminta Pembukaan Menu UPLOAD di SIAM

Setelah mengisi GFORM pada langkah 2, Anda harus menemui petugas akademik untuk konfirmasi pengisian gform dan meminta pembukaan menu UPLOAD di sistem SIAM. Untuk step ini Anda harus mendatangi ruang pelayanan akademik di Vokasi Veteran Lt.1, ruang akademik sebelah kiri. Setelah menemui petugas pastikan Anda telah mengisi sistem SINATRA yang beralamat di  https://sinatra.ub.ac.id/

Informasi tentang SINATRA juga telah muncul di SIAM Anda Setelah menu UPLOAD di SIAM aktif. Setelah mendapatkan persetujuan, Berikut adalah tampilan SIAM Anda setelah menu UPLOAD dibuka oleh petugas :

Langkah 4 
Mengisi Berkas di menu UPLOAD SIAM

Isi berkas di menu upload SIAM. Untuk D3 berikut adalah isian yang harus diisi :

  1. untuk isian nomer 13 dan 16 isi dengan file scan ijazah SMA/SMK. 
  2. Untuk isian nomer 6 dan 17 , upload dengan sertifikat-sertifikat prestasi akademik/non akademik selama menjadi mahasiswa di UB. Contoh : sertifikat pemenang lomba PKM, sertifikat pemenang lomba karater, dll    .Jadikan 1 file PDF. (isi sertifikat PK2MABA jika tidak ada prestasi sama sekali)

Untuk D4 berikut adalah isian yang harus diisi :

  1. untuk isian nomer 13 dan 14 isi dengan file jurnal yang telah dibuat.
  2. Untuk isian nomer 4 , upload dengan sertifikat-sertifikat prestasi akademik/non akademik selama menjadi mahasiswa di UB. Contoh : sertifikat pemenang lomba PKM, sertifikat pemenang lomba karater, dll    .Jadikan 1 file PDF. (isi sertifikat PK2MABA jika tidak ada prestasi sama sekali)

Lihat Contoh Buku yang ditulis benar/rapi sebagai berikut : 

PERHATIKAN : Untuk D3 dan D4 pada point upload berkas buku TA/Skripsi (cover+daftar isi, bab1,bab2,bab3,bab4,bab5), PASTIKAN sudah sesuai format yang ada di BUKU PANDUAN Tugas Akhir/Skripsi Fakultas Vokasi. Pada bagian ini petugas akademik akan mengecek kesesuaian format penulisan buku TA/Skripsi. Perhatikan margin, penulisan Bab Sub Bab, dan aturan lain sesuaikan dengan Buku Pedoman/Panduan TA/Skripsi agar tidak terjadi penolakan saat konfirmasi ke petugas akademik di langkah berikutnya.


*ada Revisi di buku panduan/Pedoman yaitu : Buku Dicetak TIDAK bolak-balik
s

Ketentuan Foto :
– Foto tidak boleh di foto sendiri
– Foto dilakukan di studio foto dan dicetak di studio foto
– Foto terlihat bahu
– Foto dibagian muka tidak boleh ada aksesoris seperti kacamata
Pria : Kemeja Putih, Jas Hitam, Dasi Hitam
Wanita : Kebaya ramput rapi di ikat sanggul tanpa aksesoris
Untuk berhijab, Jilbab dirapikan bagian leher

Langkah 5 
Melakukan Validasi Pengisian Berkas di SIAM

Setelah mengisi form upload berkas yudisium di SIAM (langkah 4), Anda harus menemui petugas akademik untuk melakukan validasi pengisian form berkas yudisium. Pada langkah ini jika Anda lolos, maka Anda telah menyelesaikan prosedur pendaftaran yudisium. Petugas akan mengecek semua point upload berkas untuk kemudian dilakukan proses persetujuan pendaftaran yudisium.

Anda harus menemui petugas akademik : Pak Sandi    , di Vokasi Veteran lt.1 ruang akademik sebelah kanan.

SELESAI

 

English Web