UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN VOKASIONAL BERBASIS PROJECT INDUSTRI KREATIF

Dalam upaya untuk mendukung Pusat keunggulan Teknologi (PUT) yang di miliki oleh Program Studi Desain Grafis Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya Penelitian terapan ini bekerja sama dengan PT.Mocca Multi Talenta , yang telah mengembangkan kurikulum dan permainan berbasis Montessori untuk kemudian di gunakan sebagai sarana dari One Stop Educations, yaitu sekolah Montessori di kota Malang. Montessory merupakan metode pendidikan yang membantu anak untuk mencapai potensinya dalam kehidupan yang menekankan pada kemandirian dan keaktifan

Pada produk permainan Montessori terdapat 3 macam produk yaitu : Multi Activity Montessory Box, NIDO APP, dan interior. Berikut pengertian dari masing-masing produk :

1. Multi Activity Montessory Box : merupakan suatu Permainan offline sensori yang bertujuan untuk mengaktifkan satu atau lebih panca indra, permainan sensori ini memiliki manfaat bagi tumbuh kembang anak. Multi Actifity Montessory Box mempunyai beberapa tahap dalam proses Produksi  yang di bagi menjadi 5 tahap utama , yaitu : Research, creation, Refinement , Implementation, dan  Production. Dimana masing – masing tahap akan di jelaskan sebagai berikut :

1.  Research: pada tahap ini merupakan tahap awal yang di laku      kan pada Program Studi   Desain Grafis.

2. creation : pada tahap ini merupakan tahap selanjutnya dari hasil penelitian, dimana tahap ini mulai melakukan  proses eksplorasi Visual,dan telah terbentuk system komunikasi, visual dan GSM.

3.   Refinement :  mulai membuat struktur dari mulai Produk, Packaging, dan elemen- elemen Visual produk, pembuatan prototype tahap awal.

4. Implementation : berdasarkan prototype tahap awal akan kemudian di buat sebagai mockup yang akan di Implementasikan sebagai mix media marketing (bauran pemasaran)

5. Production : dilakukan pengolahan dalam pembentukan produk, yaitu pengelolahan material, yaitu wood board,dimana kayu akan di haluskan dan di potong menggunakan mesin potong,kemudian masuk pada tahap pewarnaan ,assembling (penyusunan)lalu pengemasan 

2. NIDO APP merupakan produk permainan Montessori online berupa Aplikasi Mobile untuk belajar dari bermain anak-anak, NIDOAPP memiliki beberapa keunggulan  sebagai berikut , dengan adanya desain yang berintegritas, lalu NIDOAPP mengangkat tema cerita nusantara,NIDOAPP juga mudah dalam mengakses permainannya. Metode perencanaan yang di gunakan oleh NIDOAPP yaitu :Concept Research, test and Evaluate, Revise and Evaluate.

3. Interior merupakan permianan Montessori yang solutif dengan pendekatan STEAM (sains,teknologi,Teknik,Seni,dan Matematika)berpeluang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan masyarakat. Pada interior permainan Montessori mempunyai beberapa tahap dalam proses Produksi  yang di bagi menjadi 5 tahap utama , yaitu : Research, creation, Refinement , Implementation, dan  Production. Dimana masing – masing tahap akan di jelaskan sebagai berikut :

1.  Research:  tahap awal yang berangkat dari data sesuai kebutuhan, tujuan , dan target yang ingin dicapai dalam menyelesaikan permasalahan.  

2. creation :  menggali ide,ekspolasi visual,dam membuat sketsa awal bentuk produk

3.   Refinement :  ,implementasi secara visual dengan membuat struktur produk,packaging, dan elemen pendukung dalam pembuatan prototype tahap awal   

4. Implementation : prototype yang telah  disetujui kemudian diimplementasikan kedalam bentuk mockup untuk kegiatan pemasaran  

5. Production : kegiatan produksi menjadi produk Jadi dengan memperlihatkan kualitas bahan baku ,proses pembuatan ,dan pengemasan.

Hasil kegiatan ini merancang dan mengembangkan konsep “one stop Education” pada produk mainan Montessori dengan model pembelajaran STEAM (sains,teknologi,Teknik,Seni,dan Matematika).

Tujuan dari penelitian terapan Produk offline ditujukan sebagai bagian dari memberikan solusi secara praktis antara institusi yang melibatkan mahasiswa dengan industry, selain itu Mahasiswa akan dapat memahami proses secara riil dalam penelitian produksi dari sebuah produk.Hasil utama dari kegiatan ini merupakan terciptanya pengembangan  prototype permainan Montessori.Berikut beberapa gambar permainan Montessori

Leave a Comment

English Web