Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi vokasi yang berjiwa Pancasila, berkarakter kewirausahaan, unggul dan bereputasi internasional”

Misi

  • Menyelenggarakan Pendidikan tinggi vokasi yang menghasilkan lulusan berjiwa Pancasila dan berkarakter kewirausahaan sehingga memiliki keahlian sesuai dengan kompetensi yang selaras dengan kebutuhan kebutuhan industri, dunia kerja, dan masyarakat.
  • Menyelenggarakan penelitian terapan untuk mengembangkan pengetahuan dan teknologi terapan yang menjunjung kearifan lokal sesuai dengan kebutuhan industri, dunia kerja, dan masyarakat.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan peran pendidikan vokasi sebagai pelopor dalam hilirisasi ilmu pengetahuan dan teknologi terapan.
  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang mampu bersikap dan berperilaku sebagai insan bertaqwa serta berjiwa Pancasila dan berkarakter kewirausahaan.

  • Mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia yang kompeten di industri, dunia kerja, dan masyarakat.

  • Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terapan dalam menghasilkan karya inovasi yang sesuai dengan kebutuhan Industri, dunia kerja, dan masyarakat.

  • Mewujudkan tata kelola pendidikan tinggi vokasi yang akuntabel, transparansi, tepat guna, efisien, mutakhir, dan terintegrasi.Mewujudkan tata kelola pendidikan tinggi vokasi yang akuntabel, transparansi, tepat guna, efisien, mutakhir, dan terintegrasi.

Sasaran

  • Meningkatnya kualitas lulusan berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka; dengan indikator sasaran: persentase lulusan yang langsung bekerja (IKU 1); persentase lulusan dengan pengalaman setidaknya 1 (satu) semester di luar kampus (IKU 2);
  • Meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia untuk pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terapan; dengan indikator sasaran:
  • Persentase Dosen Berkegiatan di Luar Kampus (IKU 3); Persentase Dosen Praktisi Mengajar di Dalam Kampus (IKU 4); Keluaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berhasil mendapat rekognisi internasional atau diterapkan oleh masyarakat per jumlah dosen (IKU5).

Nilai Dasar

Berjalannya sebuah organisasi tidak terlepas dari individu di dalam organisasi tersebut, berjalannya aktivitas individu tidak terlepas dari konsep dan teknis kegiatan yang diwujudkan dalam aktivitas sehari-hari di organsisai. Kontrol terhadap konsep dan teknis-teknis tersebut harus bermuara pada pencapaian visi FV yaitu

“Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi vokasi yang berjiwa Pancasila, berkarakter kewirausahaan, unggul dan bereputasi Internasional”

Dalam hal ini konsep VOKASIONER mengandung nilai-nilai dalam pengembangan pendidikan tinggi vokasi di UB terutama untuk mencetak generasi yang unggul, berjiwa Pancasila, mampu memiliki reputasi internasional serta berkarakter kewirausahaan.

Konsep VOKASIONER dapat dijabarkan sebagai berikut, yaitu:

1. Visionary: Memiliki sebuah pandangan dan wawasan jauh untuk masa yang akan datang, agar mencapai tujuan dengan baik. Jiwa visioner ini tercermin dari segala sikap, perilaku, etos kerja dan mental civitas akademika vokasi UB yang berorientasi pada sebuah gagasan dan inovasi guna bisa mengembangkan kualitas pribadi yang lebih baik sebagai bekal dalam menghadapi dinamika di masa yang akan datang.

2. Outstanding: Memiliki sikap mental yang kuat untuk senantiasa berprestasi, baik ditingkat nasional maupu internasional dalam menghasilkan karya-karya terbaik, sebagai bentuk aktualisasi diri sehingga mampu memberikan kontribusi nyata dalam pemecahan permasalahan yang ada di masyarakat, bangsa maupun negara.

3. Kindness: Senantiasa menjadi insan yang menebarkan kebaikan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan peran masing-masing, baik sebagai tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa dan masyarakat.

4. A d a p t iv e : Memiliki kemampuan untuk adaptif

(mandiri/o t o n o m i self-directed) dalam menghadapi segala situasi, tantangan perkembangan zaman. Hal ini terwujud dalam sikap mental dan perilaku mudah menyesuaikan (diri) dengan keadaan, memiliki kematangan diri dan sosial dalam hidup berorganisasi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

5. Skillfull : Memiliki keterampilan vokasional yang telah sesuai dengan tuntutan/kebutuhan Industri, dunia usaha dan kerja (IDUKA) sesuai bidang yang diminati melalui pengkondisian ekosistem pendidikan tinggi vokasi di UB dalam menghasilkan SDM yang unggul dan berdaya saing

6. Innovative: Memiliki kemampuan untuk menciptakan ide-ide baru dan gagasan baru untuk meningkatkan kinerja peran individu, kelompok, atau suatu organisasi.

7. Optimistic : Memiliki semangat optimis dalam menghadapi segala tantangan dan hambatan yang ada untuk menjadikan diri sebagai pribadi unggul.

8. Novelty: Memberikan satu kebaruan dalam menghasilkan suatu karya melalui dorongan inovasi dalam aktivitas penelitian dan pengabdian terapan yang dapat bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara.

9. Entrepeneur: Memiliki sikap dan karakter wirausaha yang dibangun dalam sebuah ekosistem pendidikan tinggi vokasi di UB guna mewujudkan kualitas lulusan yang tidak hanya terampil namun juga memiliki jiwa entrepreneur / wirausaha.

10. Resilience: Memiliki sikap mental dalam mewujudkan kualitas civitas akademika yang tangguh dan terampil dalam menghadapi segala tantangan dan situasi di masyarakat

English Web