Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

Visi

Visi Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya adalah “Menjadi penyelenggara pedidikan tinggi vokasi yang berkarakter kewirausahaan unggul dan bereputasi internasional di bidang ekonomi kreatif, bisnis dan jasa.”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang menghasilkan lulusan berkarakter mulia dan berjiwa kewirausahaan sehingga memiliki keahlian sesuai dengan kompetensi yang selaras dengan kebutuhan dunia usaha dunia industri, dan masyarakat pada umumnya.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan untuk menghasilkan pengetahuan dan teknologi terapan yang menjunjung kearifan lokal sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industri dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan peran pendidikan vokasi sebagai pelopor dalam hilirisasi ilmu pengetahuan dan teknologi terapan.
  4. Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu bersikap dan berperilaku sebagai insan bertaqwa serta berjiwa kewirausahaan yang cerdas, kreatif, adaptif, inovatif, sinergi, dan kompetitif.
  2. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terapan dalam menghasilkan produk dan/atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industri dan masyarakat.
  3. Mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia yang kompeten di dunia usaha, dunia industri dan masyarakat.
  4. Mewujudkan tata kelola pendidikan tinggi vokasi yang akuntabel, transparansi, tepat guna, efisien, mutakhir, dan terintegrasi.

Sasaran

  1. Terlaksananya tata pamong yang berkualitas dengan peningkatan sistem penjaminan mutu dalam pengelolaan institusi;
  2. Meningkatnya kualitas layanan dan aksesibilitas informasi bagi masyarakat luas;
  3. Meningkatnya kualitas dan kompetensi lulusan yang mampu berwirausaha, mudah diterima dunia kerja dan dunia industri, atau melanjutkan studi pada jenjang Pendidikan yang lebih tinggi;
  4. Meningkatnya daya saing sumber daya manusia baik dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa sesuai kompetensinya di tingkat nasional maupun internasional;
  5. Meningkatnya ekspose karya terapan inovatif dan kreatif dosen maupun mahasiswa melalui berbagai media publikasi serta hilirasinya untuk kemaslahatan;
  6. Meningkatnya jumlah publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa pada berbagai media publikasi karya ilmiah;
  7. Menguatnya jalinan sinergi antara pendidikan vokasi dengan berbagai pihak dalam mengakselerasi pemajuan pendidikan, menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta keterserapan lulusan.
  8. Meningkatnya kuantitas dan kualitas lulusan di bidang ekonomi kreatif dan bisnis yang bersesuaian dengan kebutuhan di dunia usaha dan dunia industri.

Strategi

  1. Penguatan kelembagaan melalui monitoring dan evaluasi secara berkala
  2. Penguatan kelembagaan melalui perekrutan dosen yang relevan dengan kebutuhan lembaga
  3. Penguatan kelembagaan melalui penyiapan dan mengikutsertakan dosen dalam sertifikasi professional
  4. Penguatan akses terhadap sumber informasi yang relevan dengan keilmuwan melalui pemutakhiran literature buku, jurnal dll
  5. Penguatan daya saing lulusan yang memiliki jiwa kewirausahan melalui monitoring dan evaluasi proses pembelajaran secara berkesinambungan
  6. Penguatan kapasitas individu lulusan melalui pengembangan hard and soft skill. Misalnya dengan pembekalan ketrampilan abad 21
  7. Melaksanakan pelatihan pemutakhiran teknologi dan dituangkan dalam pemutakhiran kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri
  8. Program kerjasama dengan dengan PT/lembaga profesi yang lain dalam skala nasional maupun internasional
  9. Pembukaan program studi baru yang mendukung pengembangan bidang ekonomi kreatif dan bisnis
English Version