VOKASI BANGGA! MAHASISWA VOKASI RAIH JUARA 1 NASIONAL PADA UNITECH 2022

Sabtu (28/05/2022) Fakultas vokasi UB memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada tim mahasiswa vokasi yang berhasil meraih juara 1 pada UNY National Innovation Technology 2022 (UNITECH). Kompetisi yang diadakan pada bulan April hingga 28 Mei ini merupakan kompetisi cipta inovasi tepat guna tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Sebelum akhirnya meraih juara 1, tim Vokasi UB telah mengikuti beberapa tahapan seleksi mulai dari seleksi abstrak, BMC (Bisnis Model Canvas), dan seleksi proposal hingga tahap seleksi final yang mengantarkan mereka menjadi juara.

Anton Hendra Kusuma selaku ketua tim menjelaskan, “Tim kami terdiri dari 3 orang yaitu saya, Natasya, dan Diana Novitasari. Selama kompetisi ini berlangsung kami dibimbing oleh bu  Debri Haryndia Putri, S.T., M.Ds.. Inovasi alat tepat guna yang kami buat adalah stabilizer tandu. Kami membuat alat tersebut didasarkan pada banyaknya bencana dan kecelakaan di Indonesia dan penggunaan tandu sebagai alat evakuasi utama di lapangan. Kami mengamati adanya guncangan besar yang dirasakan korban Ketika diangkat oleh tandu, hal itu terjadi karena perbedaan ketinggian posisi pengangkatan dan medan yang ekstrem”.  Berbagai persiapan dilakukan oleh tim Vokasi UB dengan membagi waktu antara kuliah dan UNITECH agar keduanya dapat berjalan seimbang.

Anton menambahkan, “Persiapan yang kita lakukan yaitu pembuatan alat, HKI, latihan presentasi, dan pembuatan video. Kami menyusun strategi dengan melakukan analisa tajam mengenai topik sebelum menulis judul sehingga ketika mengetik naskah, kesalahan logika dan pola berpikir dapat diminimalisir. Kemudian langkah selanjutnya yang kami lakukan adalah membuat karya hingga selesai dan memastikan karya kami memiliki nilai kebermanfaatan, dan orisinalitas yang dapat dipertanggung jawabkan adalah pondasi kami”.

Banyaknya mahasiswa Vokasi UB yang berprestasi dan berhasil meraih juara pada kompetisi, tim dari Anton berharap akan ada lebih banyak lagi teman teman vokasi yang berani berinovasi tanpa harus menunggu skripsi/tugas akhir. Karena sebenaranya inovasi dari anak anak muda inilah yang masyarakat butuhkan.

Leave a Comment

English Web