Vokasi UB Kenalkan Program Dan Tantangan Kedepan Melalui Acara Yuwaraja 13

            Yuwaraja adalah kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diadakan oleh lembaga pendidikan Vokasi universitas brawijaya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa baru sebagai bekal di dunia perkuliahan. Kegiatan pembukaaan dilakukan selama dua hari, mulai tanggal 21-22 Agustus 2021 diikuti oleh lebih dari 700 mahasiswa baru Vokasi Universitas Brawijaya.

            Meskipun dua tahun kebelakang ini Yuwaraja diadakan secara daring (online), akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi kemeriahan acara. Mulai dari kedatangan Dr. Beny Bandanadjaya, ST.,MT selaku Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, hingga wirausahawan sukses  Masbhukin Pradana untuk memberikan materi motivasi pada acara tersebut. Penekanan dalam pengembangan hard skill dan soft skill sangat ditekan kan pada acara ini, karena selain para mahasiswa diperkenalkan kepada program yang ada di Vokasi UB, mereka juga diberikan pengetahuan mengenai tantangan kedepan dalam dunia kerja.

            Selaras dengan apa yang disampaikan oleh Pak Beny dalam materinya dimana beberapa tahun kedepan, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, dimana dalam hal itu menjadi tugas kita bersama untuk memanfaatkan momentum tersebut. Perlu adanya link and match antara dunia usaha industri dengan Institusi Pendidikan agar dapat mempersiapkan kandidat baru untuk mengisi posisi di dunia kerja nantinya. Kandidat-kandidat tersebut ialah mereka yang memiliki kemampuan secara tehnikal atau bisa disebut hardskill dan kepribadian yang baik atau softskill, dan untuk mendapatkan kedua hal tersebut tidaklah instan melainkan membutuhkan proses, maka dari itu silahkan dimanfaat kan peluang dan kesempatan yang ada saat ini selama anda menjadi mahasiswa, termasuk program dari pemerintah kampus merdeka tuturnya.

            Lain halnya dengan Mas Bukin sapaan akrabnya dalam sesi pemaparan materi ia menjelaskan kedepan perlu banyaknya inisiator muda, untuk memberikan ide-ide baru dalam dunia usaha. Semakin banyak bidang usaha yang tercipta, maka semakin luas juga lapangan kerja yang terbuka, yang tentu juga berpotensi untuk membantu memberikan konstribusi pada era bonus demografi. Ia menjelaskan pula dalam materinya formula dan kiat-kiat untuk berwirausaha. Mulai dari 3 kunci bisnis, yaitu SDM (Sekolah, Duit, Market) dimana dalam berbisnis perlu ilmu, modal, dan target beserta platformnya untuk kita menjalankn bisnis tersebut. Serta materi lainnya seperti mapping seorang pengusaha, kiat-kiat sukses, dan bahkan rumusan-rumusan untuk bisa survive dalam dunia usaha ini. Ia berharap dari Vokasi UB ini tumbuh inisiator-inisiator baru dalam dunia usaha dan dapat meluaskan lapangan pekerjaan bagi masyarakat indonesia.

             Sesuai dengan harapan Direktur Vokasi Brawijya, Prof Unti dalam pemaparan sambutannya, ia menjelaskan ketika mahasiswa lulus dari Vokasi bisa menjadi seorang wirausaha atau mungkin dalam perjalanannya belum siap untuk menjadi wirausaha, bisa menjadi seorang praktisi yang ahli dalam bidangnya dalam dunia industri ataupun menlanjutkan pendidikan di jenjang selanjutnya. Untuk itu ia berpesan kepada seluruh mahasiswa baru untuk memanfaatkan betul kegiatan dari Yuwaraja ini, untuk mengenali apa saja program dan kegiatan, serta infrastruktur pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengembangkan hard dan soft skill yang dimilikinya.

Views: 0

English Web